oleh

Saat Puasa Ada Dua Vitamin dan Mineral yang Sangat Diperlukan

Kabar6-Saat puasa yang Anda jalankan dilakukan dengan cara tidak tepat, salah satu risiko yang dapat terjadi adalah penurunan sistem kekebalan tubuh. Karena itulah, Anda butuh minum vitamin C dan zinc agar tubuh kuat selama menjalankan ibadah puasa.

Mengapa vitamin C serta zinc penting untuk Anda yang berpuasa? Tidak sedikit orang yang mudah jatuh sakit atau sekadar mengalami batuk dan pilek pada bulan puasa. Jika Anda mengalaminya, ini bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang menurun.

Perubahan pola makan serta kecenderungan untuk tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang Anda konsumsi saat bulan puasa merupakan penyebabnya. Tidak sebebas hari biasanya, berpuasa membuat Anda hanya bisa makan antara waktu buka puasa dan sahur.

Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kekurangan nutrisi dan berakhir pada penurunan sistem kekebalan tubuh. Melansir Hellosehat, Anda bisa mengakalinya dengan cara mengonsumsi sumber vitamin C dan zinc yang dapat meningkatkan pertahanan tubuh Anda kembali.

1. Fungsi vitamin C
Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut air, yang memiliki fungsi utama antara lain membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak, serta membuat kekebalan tubuh lebih kuat dengan cara meningkatkan sel darah putih yang menjadi pasukan utama dalam menyerang bakteri dan zat asing.

Selain itu juga mencegah penuaan, dan sebagai antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas penyebab penyakit kronis. ** Baca juga: Waktu Tepat untuk Konsumsi Vitamin Saat Berpuasa

2. Fungsi zinc
Zinc merupakan jenis mineral yang tidak hanya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan saja, namun juga berperan penting dalam meningkatkan pertahanan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta membantu metabolisme karbohidrat.

Jadi, mengonsumsi sumber vitamin C dan zinc adalah hal yang tepat agar Anda tidak mudah tumbang ketika menjalani puasa. Nah, dari mana bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut?

Sebenarnya, banyak sumber makanan yang mengandung vitamin C dan zinc tinggi. Contoh buah bervitamin C tinggi antara lain mangga, jeruk, pepaya, dan melon. Sementara sayuran dengan vitamin C tinggi yaitu brokoli, kembang kol, dan tomat.

Anda dapat menemukan kadar zinc tinggi di dalam sumber makanan seperti daging sapi, daging ayam, berbagai macam makanan laut, dan bayam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru