oleh

Apa Sebab Anda Mudah Memar?

Kabar6-Mungkin Anda sering mengalami memar karena tidak sengaja terbentur meja atau lemari. Kondisi ini merupakan hal yang normal.

Namun bila Anda mengalami memar hanya karena benturan ringan atau bahkan tidak ingat mengapa memar tersebut muncul, mungkin perlu lebih berhati-hati.

Apa sebab Anda mudah mengalami memar? Melansir Womenshealthmag, berikut sejumlah penyebabnya:

1. Miliki kulit yang tipis
Memar terjadi saat berbagai pembuluh darah di bagian bawah kulit rusak karena terpukul atau tertabrak, dan menyebabkan terjadinya perdarahan di bawah kulit.

Jika kulit telah kehilangan banyak kolagen karena proses penuaan, maka kulit Anda pun menjadi lebih rentan terhadap cedera.

2. Terlalu banyak terpapar sinar matahari
Kulit yang telah rusak akibat paparan sinar UV akan kehilangan kelenturan dan kekuatannya, yang membuatnya menjadi lebih mudah mengalami memar.

3. Konsumsi obat-obatan Tertentu
Aspirin, steroid, dan berbagai jenis obat pengencer darah dapat menghambat proses pembekuan darah, sehingga Anda menjadi lebih mudah berdarah dan perdarahan pun akan berlangsung lebih lama daripada normalnya.

4. Lakukan olahraga angkat beban
Bahkan jika Anda hanya mengangkat beban tersebut dalam waktu singkat atau hanya mengangkat beban ringan, olahraga angkat beban dapat menyebabkan terjadinya robekan mikroskopik di dalam serat otot yang akan tampak sebagai memar pada kulit.

5. Ada anggota keluarga yang menderita hal sama
Salah satu penyebab utama mengapa Anda mudah memar adalah karena orangtua Anda. Jika salah satu orangtua mudah mengalami memar tanpa penyebab yang jelas, maka Anda pun mungkin akan mengalami hal yang sama. ** Baca juga: Baik untuk Saluran Pencernaan, Konsumsi 5 Makanan yang Mengandung Bakteri Sehat

6. Kulit Anda terlalu pucat
Memiliki kulit pucat bukan berarti Anda menjadi lebih mudah mengalami memar, namun karena kulit Anda sangat putih, maka perubahan warna pada kulit dan sekecil apa pun akan tampak lebih jelas dibandingkan dengan orang berkulit gelap.

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami memar?(ilj/bbs)

Berita Terbaru