2 Jenis Makanan Penyebab Karang Gigi

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Karang gigi adalah plak gigi yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras. Plak gigi sebenarnya masih dapat dibersihkan dengan menggosok gigi sehari dua kali. Namun, jika jarang menggosok gigi atau tidak menggosok gigi dengan bersih, hasilnya plak gigi akan mengeras dan menjadi karang gigi.

Sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi pun dapat menyebabkan terbentuknya karang gigi, yang pada akhirnya akan membuat gigi berlubang. Bagaimana agar terhindar dari karang gigi? Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan. Dilansir kicantik, berikut adalah dua jenis makanan yang dapat sebabkan terbentuknya karang gigi:

1. Makanan manis
Salah satu makanan yang telah banyak diketahui sebagai penyebab terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang adalah gula atau makanan manis seperti permen, gulali, cokelat, dan berbagai jenis makanan manis lainnya.

Meskipun makanan manis memang dapat membantu memperbaiki mood Anda, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan berbahaya bagi kesehatan gigi, terlebih bila Anda tidak rajin menggosok gigi.

Makanan manis dapat menyebabkan gigi berlubang karena gula yang terdapat di dalam makanan manis akan diubah menjadi suatu zat asam oleh bakteri yang terdapat di dalam mulut. Zat asam inilah yang berbahaya bagi gigi karena dapat menimbulkan lubang-lubang mikro pada permukaan gigi.

2. Makanan yang mengandung karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat juga merupakan salah satu penyebab terbentuknya karang gigi. Beberapa penelitian bahkan telah menemukan bahwa biskuit asin justru merupakan penyebab utama dari terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang.

Makanan berkarbohidrat lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi adalah nasi dan roti. Hal ini dikarenakan sisa nasi dan roti di antara sela gigi juga sulit dihilangkan, meskipun walaupun Anda telah menggosok gigi. ** Baca juga: Warna Biru Bantu Tingkatkan Kondisi Kesehatan?

Karena itulah sangat dianjurkan untuk membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi, baik setelah makan maupun setelah menggosok gigi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi setelah menggosok gigi. ** Baca juga: Europixpro Door, Produk Anak Negeri Berkualitas Dunia

Jadi jangan malas menggosok gigi ya.(ilj/bbs)