Makanan Atau Minuman yang Sebaiknya Dihindari Dulu Saat Haid

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat haid, ada banyak gejala tidak nyaman yang dialami wanita, antara lain seperti kram perut, mood yang berubah-ubah, perut kembung dan lain sebagainya.

Mungkin Anda tidak mengetahui bahwa sebenarnya gejala-gejala tadi dapat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi selama haid.

Bagaimana solusi? Langkah yang tepat, melansir healthmeup, adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang memicu rasa tidak nyaman tadi. Apa sajakah itu?

1. Kafein
Kafein adalah zat stimulan yang dapat memperburuk mood, nyeri menstruasi dan gangguan tidur. Sangat direkomendasikan untuk Anda membatasi asupan kafein selama haid.

Jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi misalnya kopi, teh, minuman energi dan cokelat.

2. Daging berlemak
Lemak yang terdapat dalam daging adalah jenis lemak jenuh dan dapat memperburuk nyeri dan inflamasi selama masa kehamilan.

Jika Anda tidak bisa menghindari untuk mengkonsumsi daging saat haid, pastikan mengonsumsi daging tanpa lemak.

3. Camilan & keripik
Camilan dan keripik biasanya mengandung sodium tinggi sehingga bisa menimbulkan perut kembung dan perut tidak nyaman.

Sebaiknya Anda mengganti jenis camilan Anda dengan yang lebih sehat seperti kacang tanpa garam atau bahkan dengan buah-buahan.

4. Gula
Makanan yang manis juga dapat terlihat seperti jenis makanan yang memberikan ketenangan pada mood. Tetapi makanan manis seperti permen, kue atau cake hanya dapat meningkatkan mood secara sementara dan dengan segera dapat merusak mood Anda.

Makanan manis dapat menyebabkan perut kram. Jika Anda merasa membutuhkan sesuatu yang manis, cobalah mengonsumsi buah seperti melon atau mangga.

5. Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan darah encer sehingga dapat meningkatkan aliran darah. Alkohol juga dapat menyebabkan gejala lain seperti kram dan nyeri perut. ** Baca juga: Air Putih Mampu Hilangkan Kantuk?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)