oleh

Kebiasaan Harian yang Picu Nyeri Punggung di Kalangan Anak Muda

Kabar6-Selama ini nyeri pada bagian punggung dianggap sebagai penyakit orang lanjut usia. Namun hal itu tampaknya telah bergeser, karena gaya hidup masyarakat modern menjadi penyebab anak muda zaman sekarang juga rentan mengalami nyeri punggung.

Biasanya, sakit punggung dikaitkan dengan banyaknya kegiatan berat dan menggunakan kekuatan fisik. Namun faktor sebaliknya yang dilakukan anak muda sekarang ini malah menjadi pemicu nyeri punggung. Melansir Dreamers, berikut beberapa penyebab anak muda mengalami nyeri punggung.

1. Kurang gerak
Kurang gerak dan duduk terlalu lama merupakan pemicu sakit punggung pada anak muda. Tentu hal ini dikaitkan dengan sifat kegiatan, posisi duduk, posisi belajar, dan waktu duduk.

Semakin lama seseorang duduk dalam satu posisi yang sama, maka semakin punggung akan kaku pada posisi tersebut.

Kondisi ini memunculkan keluhan seperti mati rasa atau nyeri pegal akhirnya mulai dirasakan. Seseorang yang tak segera memperbaiki posisi duduknya, akan menyebabkan sakit punggung yang lebih serius. Hal itu tak hanya untuk para pekerja tapi juga mereka yang masih sekolah.

2. Berbaring sambil membaca atau bekerja
Banyak orang berbaring di tempat tidur atau sofa sambil membaca buku atau meletakan laptop di paha mereka. Meski posisi itu nyaman untuk mereka, sebenarnya justru memberikan sejumlah tekanan besar pada leher dan bahu yang bisa menyebabkan sakit punggung.

3. Tulang belakang dan otot punggung yang lemah
Tulang belakang yang lemah bisa disebabkan karena faktor genetik, ataupun karena kurangnya berolahraga. Beberapa orang melaporkan rasa nyeri di bawah tulang belakang mereka saat mereka duduk terlalu lama.

Untuk menimalisir kondisi itu, Anda bisa mengatur postur tubuh dengan benar dan mulai mengusahakan berolahraga secara rutin. ** Baca juga: Cek Kesehatan Mental dengan 5 Pertanyaan Ini

Jadi posisi tubuh yang benar, aktif bergerak, dan rutin berolahraga membantu anak muda terhindar dari nyeri punggung.(ilj/bbs)

Berita Terbaru