oleh

Goliath, Katak Raksasa yang Bisa Buat Kolam Sendiri

Kabar6-Ukuran katak yang satu ini memang tergolong raksasa untuk hewan sejenisnya. Bayangkan saja, katak yang terkenal dengan nama goliath tersebut beratnya nyaris sebesar bayi baru lahir, atau bisa mencapai 3,3kg.

Lantaran ukurannya yang besar ini, melansir Gizmodo, katak goliath mampu membangun kolam kecil dengan memindahkan batu-batu. Dan spesies seperti ini, hanya ditemukan di Kamerun dan Guinea Ekuatorial. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Natural History telah mengungkapkan salah satu ciri yang lebih tidak biasa dari amfibi raksasa ini, di mana mereka memiliki kemampuan untuk memindahkan batu ke sekitar, lalu membentuk kolam kecil mereka sendiri.

Kolam kecil ini digunakan oleh katak untuk membantu melindungi anak mereka yang rentan. “Katak Goliath tidak hanya besar, tetapi penemuan kami menunjukkan bahwa mereka tampaknya juga orang tua yang penuh perhatian,” kata anggota tim studi Marvin Schafer. ** Baca juga: Kerap Jadi Bahan Guyonan, Foto Buronan di Medsos Ini Akhirnya Dihapus Polisi

Ditambahkan, “Kolam kecil yang mereka buat di tepi sungai yang mengalir deras memberi telur dan berudu tempat berlindung yang aman dari perairan yang terkadang sangat deras, serta dari banyak pemangsa yang tinggal di sana. Kami pikir pekerjaan berat yang mereka lakukan untuk menggali dan memindahkan batu mungkin menjelaskan mengapa gigantisme berevolusi pada katak ini.”

Pantas saja tubuh mereka tergolong besar dari hewan sejenis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru