oleh

Cek Kesehatan Mental dengan 5 Pertanyaan Ini

Kabar6-Kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam kondisi tenteram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Seseorang yang memiliki mental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Sebaliknya, orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Penyakit mental dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi di sekolah dan produktivitas kerja.

Lantas, bagaimana mengecek kondisi mental kita? Melansir Womantalk, ini lima pertanyaan untuk mengecek kondisi mental Anda:

1. Bagaimana perasaan saya hari ini (mental dan fisik)?
Saat berurusan dengan penyakit mental seperti depresi, trauma, rasa takut, tidak hanya berdampak pada mental, tapi Anda juga bisa merasakannya lewat tubuh.

Hal itu bisa berwujud seperti sakit kepala, sakit perut, pusing-pusing, dan banyak lainnya. Anda bisa stres tanpa tahu sebabnya, jadi cek baik mental dan fisik Anda setiap harinya.

2. Apa yang paling banyak dipikirkan?
Pekerjaankah? Keluarga? Pasangan? Kenali faktor apa saja yang memenuhi kepala Anda.

3. Kapan terakhir kali makan dengan baik?
Nutrisi sangat penting, tapi tidak nafsu makan juga bisa menjadi tanda dari depresi dan kekhawatiran kesehatan mental lainnya. Jadi kapan terakhir kalinya Anda makan dengan baik?

4. Apakah saya lelah?
Kurang tidur tidak akan membuat kondisi atau kesehatan Anda lebih baik. Istirahat sangat dianjurkan karena pikiran dan isi kepala Anda sangat bergantung padanya. Jadi, luangkan waktu untuk beristirahat dan buat tidur dengan baik serta cukup sebuah prioritas.

5. Apa yang bisa dilakukan hari ini yang bisa membuat saya senang?
Menjalani hobi atau hal yang Anda senangi juga bisa dibilang mengistirahatkan mental Anda. Lanjutkan serial TV, film, buku, menggambar, memasak, apa pun yang Anda senangi saat waktu luang.

Anda juga tidak perlu takut membatasi diri dari hal yang membuat stres, misalnya memberi batasan jam kerja. ** Baca juga: Pemakaian Shower Puff Saat Mandi Tidak Disarankan

Hal yang perlu diingat, saya adalah prioritas dan saya boleh menjaga diri saya sendiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru