Ini Risiko Penyakit Bagi Para Pekerja Shift Malam

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mungkin Anda adalah salah satu pekerja shift malam, atau sering mendapat jadwal kerja malam dalam waktu yang lama. Tahukah Anda, ternyata bekerja di malam hari bisa menyebabkan berbagai macam risiko kesehatan?

Sebuah studi, seperti dilansir nova.id, menjelaskan bahwa bekerja dalam shift malam akan meningkatkan risiko stroke, kanker, dan penyakit jantung. Kondisi tersebut juga akan memicu obesitas dan diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut uraiannya:

1. Gangguan pola tidur
Bekerja malam bisa menghalangi proses yang dilakukan tubuh saat tidur. Ketika tidur, tubuh akan menyingkirkan racun, mengurangi stres, memperbaiki cedera dan membangun kekebalan.

2. Risiko kanker
Sebuah penelitian menemukan, bekerja pada shift malam akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan kanker kulit. Wanita yang bekerja di shift malam juga lebih besar terkena risiko kanker payudara ketimbang mereka yang bekerja pada shift siang.

Hal ini karena bekerja di shift malam kita tak mendapatkan vitamin D yang bisa menyerap kalsium dan pertumbuhan tulang. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat.

3. Penyakit jantung & stroke
Perubahan kebiasaan tidur bisa mempengaruhi tekanan darah dan sirkulasinya. Hal ini membuat mereka yang bekerja pada shift malam, tujuh persen lebih berpotensi terkena serangan jantung. Bekerja semalaman bisa meningkatkan tekanan darah, dan kemungkinan risiko stroke akan lebih besar.

4. Obesitas & diabetes
Perubahan pola tidur yang menjadikan siang hari untuk istirahat akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Hal ini membuat ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan penyakit tersebut sangat mungkin diderita.

5. Gangguan gastrointestinal
Gangguan metabolisme tubuh membuat masalah gastrointestinal seperti bisul dan diare, yang dapat menjadi masalah medis serius di kemudian hari.

6. Depresi
Gangguan suasana hati dan depresi mungkin terjadi pada mereka yang bekerja pada shift malam. ** Baca juga: Saat Bahagia, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda

Bagaimana dengan jadwal kerja Anda? (ilj/bbs)