Kelelawar Warna Kuning Lemon, Spesies Baru di Kenya

Kelelawar kuning lemon.(Livescience)

Kabar6-Belum lama ini ditemukan dua spesies kelelawar di Kenya yang memiliki warna unik, yaitu kuning lemon, dengan bulu yang sangat halus.

“Mereka sangat imut. Mungkin seperti kelelawar yang biasa Anda lihat di Chicago, namun spesies baru ini memiliki warna kuning yang menakjubkan,” kata Terry Demos, pemimpin penelitian dari Field Museum of Natural History (FMNH).

Hewan dengan genus Scotophilus, juga dikenal sebagai kelelawar rumah kuning Afrika ini, melansir Livescience, biasanya bersarang di atap dan kasau rumah penduduk. “Mereka sejenis kelelawar yang hidup dengan manusia. Kita tidak akan menyebutnya kelelawar rumah tanpa alasan, bukan?” ujar Bruce Patterson, salah satu peneliti studi.

Tidak hanya warna, para ilmuwan menganggap kelelawar baru ini menyimpan petunjuk penting dari pohon keluarga yang sangat rumit. Para ilmuwan pertama kali menemukan spesies Scotophilus hampir 200 tahun lalu. Sejak saat itu, 21 spesies diidentifikasi di sepanjang Afrika dan Asia Tenggara.

Meskipun dapat terbang, kelelawar ini memilih tinggal di satu wilayah tertentu dan tidak pergi jauh untuk menemukan rumah.

Dikatakan Patterson, tidak semua spesies Scotophilus berwarna kuning. Kelelawar pemakan serangga tersebut memiliki beragam warna, mulai dari putih, cokelat, hingga, oranye keemasan.

Para peneliti mengumpulkan DNA dari sampel kulit yang diambil dari kelelawar di Kenya, lalu menggunakan data yang sudah ada untuk menyusun daftar spesies dan subspesies yang diketahui.

Hasilnya, dua spesies terbaru itu memang belum pernah dikenal sebelumnya. “Ini sangat keren karena membuka bab evolusi baru yang tidak pernah diketahui sebelumnya,” kata Patterson. ** Baca juga: Hah, Ada ‘Mata Tuhan’ di Langit Mongolia

Penemuan ini juga menyediakan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi spesies kelelawar di wilayah lain.(ilj/bbs)