oleh

Hasil Survei, Orang Jepang Modern Jarang Bercinta

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika bercinta menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi pasangan suami istri (pasutri), tidak demikian dengan pasutri di Jepang. Hasil survei yang dilakukan Asosiasi Keluarga Berencana pada akhir 2016 mengungkapkan fakta yang mengejutkan.

Dalam survei yang dilakukan terhadap responden berusia 16-49 tahun itu, dikutip dari Pesona, mengungkapkan bahwa kebanyakan pasangan menikah di Jepang mengaku jarang sekali bercinta.

Disebutkan, hampir separuh responden mengaku hanya bercinta (lebih dari) sebulan sekali, dan tidak berharap jadwal tersebut bakal lebih banyak pada masa depan.

Perkawinan seperti ini sudah bisa dikategorikan sebagai sexless marriage atau perkawinan tanpa seks. Diungkapkan dalam survei, angka tertinggi sexless marriage terdapat pada pasangan berusia pertengahan hingga akhir 40-an.

Kemudian sebanyak 47 persen responden pria dan wanita menikah mengakui bahwa (saat survei dilakukan) mereka sedang menjalani sexless marriage. Angka ini meningkat 2,6 persen dibandingkan hasil survei pada 2014, dan 31,9 persen lebih tinggi dibandingkan 2004.

Kesibukan dan kelelahan, khususnya dalam hal pekerjaan, telah ‘membunuh’ keintiman di antara suami istri. Bahkan, lebih dari 22 persen responden wanita menganggap bahwa aktivitas seksual sebagai gangguan.

Selanjutnya, sebanyak 35 persen responden pria menikah mengaku bahwa pekerjaansehari-hari telah membuat mereka terlalu lelah dan tak punya tenaga lagi untuk bercinta. Angka ini meningkat drastis dari 21,3 persen pada 2014.

Sebagian responden mengaku kehidupan seks mereka menjadi ‘dingin’ setelah kelahiran anak-anak. Sebagian lagi mengaku melihat istri lebih sebagai anggota keluarga ketimbang pasangan seksual.

Pemerintah Jepang sejak beberapa tahun terakhir telah memberi peringatan kepada perusahaan-perusahaan agar tidak menerapkan jam kerja yang terlalu banyak dan ttekanan pekerjaan yang tinggi kepada para pegawainya.

Selain itu, pemerintah sedang mengupayakan undang-undang yang mengatur agar setiap karyawan hanya boleh bekerja lembur tak lebih dari 60 jam per bulan. ** Baca juga: Perubahan Apa yang Terjadi pada Payudara Saat Bercinta?

Hal unik ditemukan riset yang dilakukan oleh National Institute of Population and Security Jepang. Riset yang melibatkan 5.000 responden pria dan wanita lajang usia 18-34 tahun, menemukan adanya peningkatan angka penduduk (pria dan wanita) yang masih perawan di rentang usia tersebut.

Sebanyak 42 persen responden pria mengaku belum pernah melakukan hubungan seks sama sekali, sementara pada responden wanita sebanyak 44 persen. Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru