oleh

Fantastis, 2 Pasang Kacamata dari Abad Ke-19 Laku Terjual Sekira Rp50 Miliar dalam Sebuah Lelang di Inggris

Kabar6-Rumah lelang Sotheby’s di London, Inggris, melelang dua pasang kacamata dari Abad ke-19 yang berhiaskan berlian dan lensa zamrud seharga sekira Rp50 miliar.

Kacamata tersebut, melansir wionews, dipesan oleh seorang pangeran Mughal India, yang namanya tidak diketahui. Kacamata pertama diberi nama ‘Gate of Paradise’, menampilkan lensa zamrud yang dipasang dalam bingkai berlian. Sementara kacamata kedua dijuluki ‘Halo of Light’, memiliki lensa berlian yang dipasang dalam bingkai bertatahkan berlian.

Lensa tersebut dikatakan berasal dari Abad ke-17, sedangkan bingkainya berasal dari Abad ke-19. “Ada begitu banyak cerita di balik kedua pasang kacamata ini. Zamrudnya didatangkan jauh-jauh dari Kolombia pada abad ke-17 melalui kapal dagang Portugis ke Kesultanan Mughal. Orang Mughal sangat menyukai batu permata,” terang Ms Alexandra Roy, spesialis seni Dunia Islam di rumah lelang Sotheby’s.

“Berlian itu berasal dari tambang Golconda (di India). Di Istana Mughal, ia dibelah dari batu yang awalnya akan memiliki berat dua hingga tiga ratus karat. Berlian-berlian itu lalu dibuat ulang dengan gaya kacamata Abad ke-19 seperti yang tampak sekarang ini,” kata Roy. ** Baca juga: Terdakwa Pembunuhan di Argentina Diusir dari Ruang Sidang Karena Terus Mengeong Bak Kucing

Ditambahkan, “Kita harus sangat berhati-hati mengenai asal-usulnya. Kami sebenarnya sudah tahu tentang kacamata ini untuk waktu yang sangat lama, sejak dekade 1980-an. Barang itu telah melalui uji tuntas internal yang kuat sebelum kami dapat menawarkannya untuk dijual.”

“Kacamata itu telah diperiksa oleh para sejarawan, sehingga mereka pernah dipublikasikan di dunia akademis sebelumnya. Ini adalah pertama kalinya kami menawarkan untuk dijual. Namun, di kalangan akademisi, barang-barang itu sudah terkenal,” jelasnya lagi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru