oleh

Datang ke Banten, Kemensos: Nonsen Data Warga Miskin Bisa Valid 100 Persen

Kabar6-Menanggapi simpang siurnya data warga miskin dan kurang mampu di dalam negeri seperti selama ini masih menjadi, Direktur Jaminan Sosial Keluarga, Kemensos RI, M. O Royani mengatakan, nonsen data yang dimiliki pemerintah daerah dengan pusat bisa valid 100 sesuai kondisi sebenarnya dilapang.

Kata dia, selalu saja ada kesimpang-siuran data antara pemerintah daerah dengan pusat.

“Kalau 100 persen tidak akan pernah. Data didunia tidak pernah ada yang valid 100 persen,” kata kata Royani, di Kota Serang, Jumat (6/12/2019).

Mengenai tingkat error data di Indonesia seperti selama ini yang masih terjadi, kata Royani, berada pada kisaran angka 5 persenan untuk bisa terus diperbaiki.

Untuk itulah, sambung Royani, perlunya pemutahiran data, agar bisa terus diverifikasi bersama pusat dan daerah.

“Dan pemutahiran ini kewajiban pemerintah Kota/kabupaten, Walikota dan Dinsos, untuk selanjutnya dikirimkan ke Kemensos, untuk selanjutnya ditetapkan oleh Kemensos. Setelah itu Kemensos menyediakan rilis untuk diperhatikan pemerintah kota yang lebih mengetahuinya, kemudian dikirimkan lagi ke Kemensos untuk ditetapkan,” katanya.

**Baca juga: Di Serang Banten, Journalist Lecture Community Akan Gelar Haul Bapak Pers Nasional.

Dari hasil pemutahiran data tadi, sambung Royani, akan digunakan untuk bahan pertimbahan penyaluran pada program-program selanjutnya, khususnya yang bersentuhan langsung kepada masyarakat kurang mampu yang berhak menerimanya.

Seperti penerima PKH, pangan non tunai, kube, tutilahu, PBI BJS Kesehatan dan masih banyak lagi.(Den)

Berita Terbaru