oleh

Cara Mudah Agar Tetap Sehat Meski Gemar Santap Fast Food

Kabar6-fast food atau makanan cepat saji identik dengan label rendah gizi, hanya memiliki sedikit kandungan nutrisi sehingga tidak menyehatkan. Namun, jenis makanan yang satu ini memiliki banyak penggemar. Fast food juga lebih mengenyangkan, karena kaya akan karbohidrat yang berguna sebagai energi untuk beraktivitas.

Nah, jika Anda adalah salah satu penggemar fast food, dan tidak bisa menghindarinya, apa yang sebaiknya dilakukan? Melansir Viva, ada cara mudah untuk menyiasatinya, agar Anda tetap sehat mengonsumsi fast food. Apa sajakah itu?

1. Perhatikan porsi makanan
Konsumsi fast food dalam jumlah sedang. Makan secukupnya dan selalu jaga keseimbangan. Untuk makanan sehari-hari, usahakan konsumsi banyak sayuran dan tetap berolahraga. Dengan begitu, Anda tidak terlalu merasa bersalah ketika sesekali mengonsumsi fast food.

2. Pilih makanan yang lebih sehat
Rencanakan apa yang akan dimakan, sehingga membantu Anda membuat pilihan yang sehat. Jika Anda memutuskan untuk makan salad, perhatikan juga saus dan toppingnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengendalikan porsi salad.

3. Minum air putih
Minumlah air putih saat Anda mengonsumsi fast food, bukan soda atau minuman berkarbonasi lainnya. Sambil menikmati burger atau sandwich, selalu sertakan dengan segelas air putih, karena ini akan membantu Anda untuk menghindari makan berlebih.

4. Makan secara perlahan
Apa pun yang Anda makan, konsumsilah secara perlahan, dan nikmati setiap gigitannya. Kunyah makanan dengan saksama, karena ini akan membantu mengingatkan pikiran saat Anda kenyang.

Makan dengan lambat juga membantu Anda merasa rileks, membantu pencernaan dengan lebih baik dan membuat cepat merasa kenyang. ** Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Tubuh Sudah Cukup Vitamin C?

5. Perhatikan ukuran
Fast food rata-rata mengandung sekira 100 kalori. Jika Anda ingin tetap sehat, pilihlah dalam porsi kecil, dan tidak penting untuk menghabiskan seluruh porsinya.

Jika Anda merasa porsi makanan tadi terlalu banyak, bisa membagi dan memakannya kembali nanti. Teknik ini akan menghindari makan berlebihan dan membantu Anda memantau asupan kalori.

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru