oleh

Menurut Sains, Ini 5 Diet Sehat yang Terbukti Efektif

Kabar6-Diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan berlebih atau mencegah penyakit kronis, harus dilakukan dengan mengatur asupan nutrisi dan mengelola aktivitas fisik.

Ada banyak jenis diet yang bisa dijadikan pilihan. Kuncinya adalah menemukan jenis diet yang disukai dan dapat dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang. Melansir Kompas, berikut lima diet sehat yang telah terbukti efektif secara ilmiah:

1. Diet rendah karbohidrat
Diet rendah karbohidrat merupakan diet yang sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, mengoptimalkan kesehatan, dan menurunkan risiko penyakit.

Diet ini menekankan pada peningkatan konsumsi sayuran, daging, telur, ikan, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lemak. Makanan olahan, gula, dan pati sangat dikurangi saat menjalankan diet rendah karbohidrat.

2. Diet Mediterania
Diet Mediterania merupakan diet sehat yang sangat baik dan telah diteliti secara mendalam oleh para ilmuwan. Jenis diet yang menekankan konsumsi makanan Mediterania ini sangat efektif untuk mencegah penyakit jantung.

Makanan yang harus banyak dikonsumsi untuk diet Mediterania adalah sayuran, buah, ikan, unggas, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu, dan minyak zaitun extra virgin.

3. Diet paleo
Diet paleo merupakan diet yang sangat populer dan terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Diet yang satu ini menekankan pada konsumsi makanan yang tidak diolah yang diyakini sama dengan pola konsumsi nenek moyang paleolitik manusia.

4. Diet vegan
Dalam dekade terakhir, diet vegan sudah semakin populer. Ia dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, penurunan berat badan, hingga peningkatan kesehatan jantung.

Diet vegan didasarkan pada konsumssi makanan nabati dan berhenti mengonsumsi semua produk hewani. ** Baca juga: Hindari Kandungan Vitamin C Hilang, Begini Olah Sayuran dengan Benar

5. Diet bebas gluten
Diet bebas gluten cocok untuk orang-orang yang tidak toleran terhadap gluten, yakni protein yang ditemukan dalam gandum. Untuk kesehatan yang optimal, fokus pada makanan utuh yang secara alami bebas gluten dan tetap hindari makanan cepat saji meski mengklaim bebas gluten.

Untuk tujuan menurunkan berat badan, ada banyak pilihan diet. Namun, untuk mencegah penyakit kronis, pilihan diet lebih sedikit. Hanya segelintir yang didukung oleh bukti ilmiah yang luas yang mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah stroke.

Dua pola makan tersebut adalah diet Mediterania dan diet untuk menghentikan hipertensi (DASH). Keduanya menekankan konsumsi makanan nabati dan lemak sehat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan memelihara ingatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru