oleh

Bersihkan Barang-barang yang Sering Digunakan Sepulang Bepergian Selama New Normal

Kabar6-Menjaga pola hidup sehat, terlebih memasuki masa new normal sangat penting dilakukan, di mana orang-orang kembali beraktivitas seperti biasa.

Hal yang harus diperhatikan, Anda wajib membersihkan barang-barang yang sering dibawa dan digunakan setelah kembali ke rumah, seperti ponsel, sepatu, tas dan dompet, pakaian, serta jam tangan. Jangan sampai barang-barang tersebut menjadi sarang virus dan bakteri yang kemudian bisa menginfeksi tubuh Anda.

Bagaimana caranya? Berikut ini, melansir Wolipop, sejumlah barang yang sering digunakan sehari-hari dan cara membersihkannya:

1. Ponsel
Ponsel adalah salah satu benda yang paling sering tersentuh oleh tangan. Itu membuat ponsel berisiko menjadi penyebar virus dan bakteri. Untuk membersihkan ponsel dari virus dan bakteri, Anda bisa menggunakan campuran distilled water atau air suling dengan 70 persen isopropil alkohol.

Semprotkan campuran tersebut pada kain yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel. Atau, gunakan tisu disinfektan yang memiliki kandungan sama.

Untuk area yang lebih kecil, seperti sekitar lensa kamera atau tombol, Anda bisa menggunakan cotton bud kering atau tusuk gigi kayu untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel.

2. Tas dan dompet kulit
Anda bisa menggunakan tisu disinfektan untuk membersihkan kotoran pada bagian luar tas dan dompet kulit. Kemudian, tuangkan sedikit hand sanitizer di tangan, lalu oleskan pada permukaan tas dan dompet kulit dengan menggunakan kapas atau tisu. Pastikan untuk mengoleskannya pada bagian pegangan atau gagang dan bawah tas, lalu biarkan mengering.

Untuk bagian dalam, bersihkan dengan sikat lembut. Perhatikan juga aksesoris keras yang terdapat pada tas atau dompet. Beberapa dompet dan tas biasanya dihiasi dengan logam seperti paladium.

Untuk membersihkannya, gunakan sikat lembut dan kain lembut untuk mengeringkannya. Jika ingin memperbaiki atau mencegah goresan pada tas dan dompet kulit, coba gunakan kondisioner khusus untuk bahan kulit.

3. Sepatu
Sepatu adalah alas kaki yang selalu kita gunakan setiap hari ketika keluar rumah. Sudah jelas jika sepatu berpotensi besar menyimpan virus dan bakteri.

Untuk membersihkannya, campurkan sabun cair antibakteri dengan air hangat dan gosok permukaan sepatu dengan lembut. Setelahnya, bilas sisa sabun dengan air hangat.

Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, rendam sepatu dalam wadah berisi alkohol untuk membunuh bakteri. Sepatu yang terbuat dari bahan yang mudah rusak harus dibilas dengan lembut setelahnya.

Untuk bagian dalam, gunakan air yang dicampur dengan pemutih. Namun untuk sepatu berwarna, harus berhati-hati saat menyemprotkan cairan pemutih tersebut.

4. Pakaian
Cara terbaik untuk mencuci pakaian agar terbebas dari virus dan bakteri adalah dengan menggunakan campuran deterjen ringan dan air hangat untuk merendam.

Untuk pakaian yang tidak terlalu kotor, cukup merendamnya selama dua hingga tiga menit. Disarankan melakukan pengeringan dengan udara, bukan menggunakan pengering bersuhu panas karena dapat merusak bahan pakaian.

5. Jam tangan
Campurkan air hangat dengan sabun pencuci piring. Lalu celupkan kain chamois atau sikat gigi berbulu halus ke dalam campuran cairan tersebut dan gunakan untuk menggosok permukaan jam tangan.

Jika tali jam tanganmu terbuat dari kulit, bisa dibersihkan dengan kain yang sudah diberi cairan disinfektan. Sedangkan untuk tali jam berbahan logam seperti baja, emas, dan perak, perlu dibersihkan sikat lembut dan air sabun. ** Baca juga: Era New Normal, Perhatikan 3 Protokol Kesehatan Membeli Makanan dan Minuman

Perhatikan kebersihan barang-barang yang sering Anda gunakan sehari-hari agar terhindar dari infeksi COVID-19.(ilj/bbs)

Berita Terbaru