oleh

Benarkah Wajah Seseorang Tampak Seperti Nama yang Disandang?

Kabar6-Pernahkah Anda secara otomatis langsung mengetahui bahwa seseorang bernama A atau B, tanpa sebelumnya bertanya pada orang yang bersangkutan? Ternyata, hal itu bukanlah tanpa alasan.

Dalam sebuah studi, melansir Huffpost, tim ahli menemukan bahwa para peserta penelitian dapat menebak nama yang benar saat melihat foto seseorang tak dikenal yang ditunjukkan padanya, yaitu hingga 40 persen. Namun kesesuaian ini hanya berlaku bila orang tersebut memiliki suku bangsa yang sama dengannya.

Misal, orang Israel dapat menebak nama foto orang Israel lainnya dengan lebih baik dibandingkan dengan saat ia menebak nama foto orang berkebangsaan lain. ** Baca juga: Usai Olahraga Boleh Langsung Mandi?

Mengapa demikian? Pada ahli menduga, bahwa hal ini karena banyak orang akan menyesuaikan diri dengan namanya (bukan sebaliknya), sesuai dengan apa yang dilihatnya dari televisi, film, dan buku, misalnya dengan mengubah gaya rambut atau riasan wajah agar lebih sesuai dengan namanya.

Jadi, sangat penting bagi para orangtua untuk mempertimbangkan berbagai hal saat memilihkan nama bagi anak-anaknya, karena tampaknya nama mereka dan lingkungan tempat si anak bertumbuh, dapat memengaruhi bagaimana karakter dan kepribadian mereka nantinya saat sudah dewasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru