oleh

Setelah 30 Tahun Terungkap Foto UFO yang Disebut ‘Paling Jernih’ di Dunia

Kabar6-Setelah lebih dari 30 tahun hilang, sebuah foto UFO yang diambil oleh dua pejalan kaki di dataran tinggi Skotlandia telah ditemukan.

Foto yang disebut sebagai ‘Calvine Photograph’ imi menunjukkan objek berbentuk berlian besar di langit dan apa yang tampak seperti jet Harrier di kejauhan. Melansir Timesnow, beberapa orang menggambarkan foto itu sebagai gambar UFO ‘terbaik di dunia’, dan ditemukan setelah bertahun-tahun penelitian oleh akademisi dan jurnalis, Dr David Clarke.

Foto tersebut, bersama dengan lima foto lainnya, diambil pada 4 Agustus 1990, oleh dua pejalan kaki di lereng bukit dekat Calvine, sekira 35 mil barat laut Perth, Skotlandia.

Kemudian, foto-foto itu diserahkan kepada surat kabar Scotland’s Daily Record, yang kemudian memberikannya kepada Kementerian Pertahanan. Untuk alasan yang tidak diketahui, cerita itu tidak pernah dipublikasikan dan tidak ada lagi yang terdengar dari Kementerian Pertahanan.

Hal ini kemudian memunculkan mitos modern tentang ‘Calvine Photograph’ dengan gambar yang tidak pernah dilihat oleh publik, hingga saat sekarang. ** Baca juga: Usai Jarah Bank, Pria AS Ini Lakukan Setoran Tunai ke Rekening Miliknya di Bank yang Sama

Dikisahkan, dua pejalan kaki yang identitasnya tidak diketahui mengatakan mereka menyaksikan benda logam, panjangnya sekira 100 kaki, melayang dengan dengungan rendah selama sekira 10 menit dan melihat jet tempur lewat di kejauhan. Objek tersebut kemudian dikatakan melesat cepat ke langit sebelum menghilang.

Clarke yang telah bekerja sebagai kurator untuk proyek file UFO Kementerian Pertahanan Inggris di Arsip Nasional dan merupakan associate professor dari Universitas Sheffield Hallam, berhasil menemukan foto tersebut setelah menghubungi mantan petugas pers Angkatan Udara Inggris, Craig Lindsay.

Selanjutnya, Lindsay menyimpan salinan foto aslinya karena dialah yang menjadi penghubung antara pers dan Kementerian Pertahanan Inggris, ketika cerita aslinya diperiksa pada 1990. Lindsay masih memiliki amplop asli dari Daily Record dan di dalamnya ada salah satu foto Calvine.

Untuk alasan yang tidak diketahui, Kementerian Pertahanan merahasiakan kasus penampakan tersebut hingga 2076. Meskipun misteri menyelimuti gambar itu, beberapa orang percaya, seperti yang diduga Kementerian Pertahanan, bahwa itu adalah sebuah pesawat eksperimental AS, mungkin The Aurora.

Tidak pernah dikonfirmasi apakah Aurora benar-benar ada tetapi beberapa orang percaya itu adalah pesawat mata-mata hipersonik yang mempunyai kecepatan super cepat.(ilj/bbs)