oleh

Bahaya Tidur Saat Rambut Masih Basah Usai Keramas

Kabar6-Mandi sebelum tidur memang disarankan, salah satunya agar tubuh menjadi lebih rileks. Nah, sebagian orang sering mandi sekaligus keramas karena dapat membuat tubuh terasa lebih bersih dan segar.

Padahal tidur dalam kondisi rambut masih basah tidak disarankan dari segi kesehatan. lho. Mengapa demikian? Melansir Popbela, ini sejumlah masalah kesehatan yang timbul apabila Anda tidur dalam kondisi rambut masih basah:

1. Rambut jadi rusak
Rambut dengan kondisi basah akan mudah menjadi kusut. Terlebih gerakan kepala yang tidak disengaja saat tidur dapat menyebabkan rambut tertarik ke berbagai arah dan berisiko membuat rambut rusak.

Jadi, lebih baik keringkan terlebih dahulu, dan gunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari rambut semakin rontok.

2. Timbulkan infeksi pada kulit kepala
Rambut basah dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit kepala. Hal ini dapat terjadi karena mikroorganisme akan bereproduksi pada kondisi lembap dan hangat, sehingga iritasi dan infeksi jamur dapat muncul pada kulit kepala.

3. Timbulkan ketombe dan rasa gatal
Meskipun rambut sudah dalam kondisi bersih, ternyata jamur dapat tumbuh di kulit kepala. Apalagi, jika dalam kondisi lembap atau basah. Pada umumnya, jamur di kulit kepala akan menyebabkan gatal dan radang.

Selain itu, ketombe juga dapat muncul jika tidur dalam kondisi rambut basah. Kondisi rambut yang hangat, gelap, dan lembap dapat memicu munculnya jamur pada kulit kepala. Tentu saja hal ini dapat menganggu kepercayaan diri dan kenyamanan Anda.

4. Picu pilek dan alergi
Tidur dalam kondisi rambut basah ternyata dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu terjadinya pilek dan alergi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan suhu tubuh ketika tidur dan rambut masih basah.

Kelembapan yang terjadi dalam beberapa jam dapat menyebabkan pertahanan tubuh menjadi lemah, sehingga virus dan bakteri mudah menyerang.

5. Picu sakit kepala
Rambut yang basah dapat memicu tumbuhnya bakteri atau jamur sehingga dapat memicu sakit kepala karena tubuh berusaha untuk melawan infeksi yang mungkin ditimbulkan oleh peningkatan aliran darah. Nah, peningkatan aliran darah ini juga memberikan tekanan yang menyebabkan rasa sakit di kepala.

6. Rambut jadi berminyak
Tidur dalam kondisi rambut masih basah cenderung dapat meningkatkan kelebihan lemak yang membuat rambut terasa lebih lengket. Rasa lengket ini yang akan membuat rambut kamu terasa lebih berminyak.

7. Timbulkan kurap
Kurap dapat muncul ketika Anda tidur dalam kondisi rambut masih basah. Kurap adalah salah satu infeksi jamur yang sangat menular, gatal, dan menyebabkan kerontokan amat parah pada rambut.

Jamur ini dapat berkembang pesat terlebih dalam kondisi hangat dan lembap. ** Baca juga: Meskipun #dirumahaja, Jangan Tinggalkan 5 Kebiasaan Ini

Disarankan untuk mengeringkan rambut secara seksama sebelum beristirahat, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru