oleh

Edan! Ditemukan Kamera Tersembunyi pada 30 Hotel di Korsel yang Disiarkan Secara Online

Kabar6-Penggunaan kamera tersembunyi untuk merekam secara ilegal lagi-lagi terbongkar di Korea Selatan (Korsel). Kali ini, kamera tersembunyi ditemukan terpasang pada sebanyak 42 kamar di 30 penginapan.

Kejahatan ini merugikan kurang lebih 1.600 tamu penginapan atau 800 pasangan. Kamera mini atau spy cam tersebut, melansir worldofbuzz, disembunyikan pada soket listrik dinding, TV atau tempat pengering rambut. Menurut catatan, penginapan dengan kamera tersembunyi ini tersebar di 10 kota. Meski begitu, pihak kepolisian meyakini bahwa pemilik penginapan tidak terlibat dalam aksi kejahatan ini.

Hal yang mengejutkan, hasil rekaman para tamu hotel disiarkan secara langsung (online) di sebuah situs berbayar yang kini sudah memiliki 4.000 orang anggota, dengan 97 anggota spesial yaitu yang membayar biaya bulanan lebih mahal untuk mendapatkan fitur tambahan seperti memutar ulang siaran.

Pihak kepolisian Korsel sendiri telah berhasil menangkap empat tersangka yang diduga terlibat dalam operasi ini. Diketahui, Korsel memang telah lama bergulat dengan kasus penggunaan kamera tersembunyi untuk merekam secara diam-diam.

Pada 2017 terdapat 6.400 kasus yang melibatkan kamera tersembunyi dan rekaman yang diambil secara diam-diam. ** Baca juga: Suku Lainong di Myanmar Penggal Kepala Musuh Demi Tato

Disebutkan, kini bahkan berkembang profesi baru di Korsel bernama digital undertaker yang bertugas untuk menghapus konten-konten yang diambil tanpa persetujuan subjeknya.

Waduh, harus lebih berhati-hati, nih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru