Home / Aneka Berita / Sehat / Apa Sih Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh?
Ilustrasi/bbs

Apa Sih Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh?

Kabar6-Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel-sel terhadap efek radikal bebas, yaitu molekul yang diproduksi ketika tubuh mendapatkan makanan ‘rusak’ atau paparan lingkungan yang tidak sehat seperti asap tembakau dan radiasi.

Radikal bebas dapat merusak sel dan mungkin memainkan peran dalam penyakit jantung, kanker, alzheimer dan penyakit berbahaya lainnya. Penelitian menunjukkan, antioksidan memang dapat efektif dalam mencegah sejumlah penyakit yang berkaitan dengan usia.

Saat radikal bebas ‘mengambil’ komponen yang diperlukan dari sel-sel tubuh lain, dikutip dari Webmd, mereka tidak hanya menyebabkan sel tubuh lainnya mengalami kematian, tetapi seringkali justru hanya membuat sel tubuh lain tersebut ‘cedera’ dan merusak DNA di dalamnya. Hal inilah yang akan memicu terjadinya suatu penyakit.

Saat DNA di dalam suatu sel berubah, maka sel pun bermutasi. Kondisi ini akan membuat sel tumbuh dan berkembang secara abnormal dengan sangat cepat. Secara keseluruhan, radikal bebas tetap akan terbentuk di dalam tubuh akibat dari proses metabolisme tubuh, namun radikal bebas yang dihasilkan biasanya tidak terlalu banyak, sehingga tubuh masih mampu mengatasinya dengan berbagai antioksidan yang ada di dalam tubuh.

Akan tetapi, bila produksi radikal bebas terus meningkat, maka tubuh pun tidak lagi mampu ‘menahan’ serangan radikal bebas dengan berbagai antioksidan yang terdapat di dalam tubuhnya. Hal ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan di dalam sel-sel tubuh yang dapat berujung pada terjadinya suatu penyakit kronik seperti kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan peningkatan produksi radikal bebas di dalam tubuh adalah asap rokok, makanan dan minuman yang mengandung pestisida, mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol, dan berbagai jenis racun lainnya. ** Baca juga: Perlengkapan Mandi pun Dapat Pengaruhi Kesuburan

Salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adala menghindari serangan radikal bebas dengan menjalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Check Also

Seberapa Efektif Diet Puasa untuk Kesehatan?

Kabar6-Diet puasa (Intermitten fasting) adalah perputaran pola makan kita, di antara waktu makan dan puasa. ...