oleh

Disarankan, Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun Tidur Pagi

Kabar6-Tubuh bisa saja mengalami dehidrasi selama tidur. Karena itulah penting untuk langsung minum air putih setelah bangun tidur. Usahakan minum empat gelas air putih setelah bangun tidur dalam kondisi perut kosong.

Setelah itu, jangan konsumsi apa pun selama 45 menit. Bagi yang tidak bisa minum air putih empat gelas sekaligus, tak masalah untuk memulainya dengan satu gelas atau sesuai kemampuan.

Apa sih manfaat minum air putih sesaat setelah bangun tidur? Melansir Kompas, berikut sejumlah manfaat yang didapat

1. Bantu detoksifikasi
Di malam hari, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan membuang semua racun di dalam tubuh. Minum air dalam kondisi perut kosong di pagi hari, dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena secara alami mendorong gerakan di usus.

Selain itu, minum air di pagi hari membuat tubuh segar dan sehat karena meningkatkan produksi sel otot serta sel darah baru.

2. Tingkatkan metabolisme
Minum air saat perut kosong dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 24 persen. Tingkat metabolisme yang meningkat membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Selain itu, minum air setelah bangun tidur akan membersihkan usus besar sehingga membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan.

3. Bantu turunkan berat badan
Racun yang dibuang saat minum air di pagi hari dalam kondisi perut kosong akan membuat sistem pencernaan segar kembali. Perut jadi merasa tidak begitu lapar sehingga mencegah konsumsi makan berlebihan. Cara ini dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Redakan heartburn dan gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di lambung. Saat tidur, bisa saja terjadi refluks asam lambung. Minum air dalam kondisi perut kosong dapat mendorong asam lambung ke bawah sehingga membantu mengatasi gangguan pencernaan. Perut juga menjadi lebih siap untuk sarapan sehingga proses pencernaan bisa berjalan baik.

5. Tingkatkan kesehatan kulit
Sebuah penelitian mengungkapkan, minum 500 ml air saat perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membuatnya tampak bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air membantu tubuh mengeluarkan racun yang akan membuat kulit lebih bercahaya.

6. Jaga kesehatan rambut
Minum banyak air menutrisi rambut dari dalam hingga ke luar. Sebaliknya, asupan air yang tidak mencukupi kebutuhan dapat menyebabkan rambut rontok dan menjadi tipis.

7. Cegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih
Minum air putih setelah bangun tidur bisa mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Faktanya, minum air saat perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal.

Semakin banyak air yang diminum, maka tubuh semakin terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh racun. ** Baca juga: Intip Diet Unik dari 4 Negara

8. Perkuat sistem kekebalan tubuh
Minum air saat perut kosong membantu membilas dan menyeimbangkan sistem limfatik. Hal ini mengarah pada peningkatan sistem kekebalan tubuh sehingga melindungi dari penyakit.

Jadi jangan lupa minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pag hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru