oleh

Gotthard Base Tunnel di Swiss, Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia

image_pdfimage_print

Kabar6-Gotthard Base Tunnel/GBT yang terletak di bawah kawasan Saint-Gotthard Massif, Pegunungan Alpen Lepontine, Swiss selatan, tercatat sebagai terowongan kereta api terpanjang di dunia.

Panjang GBT yang mulai dioperasikan pada 1 Juni 2016 itu adalah 57 kilometer (km). Tidak hanya tercatat sebagai terowongan kereta api terpanjang, melansir euronews, GBT juga merupakan terowongan kereta api terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimumnya 2.300 meter. Terowongan yang merupakan bagian dari proyek New Railway Link Alpen (NRLA) itu membentang dari Erstfeld, di Provinsi (Canton) Uri, ke Bodio, di Provinsi Ticino.

Terowongan ini menyediakan jalur kereta api berkecepatan tinggi antara Eropa utara dan selatan, serta membentuk jalur kereta api utama antara Rotterdam di Belanda dan Genoa di Italia.

GBT menggantikan rute kereta api gunung yang lebih lama dengan jalur yang lebih datar dan lebih langsung, yang memungkinkan kereta barang dan penumpang bergerak lebih cepat melalui pegunungan Alpen.

Terowongan itu secara signifikan meningkatkan kapasitas transportasi lokal melalui Alpen Swiss, menyediakan rute yang lebih cepat dan efisien dibandingkan melalui St. Gotthard Pass, Terowongan St. Gotthard yang lama (dibangun tahun 1872–80), atau Terowongan St. Gotthard Road (dibuka tahun 1980).

Terowongan Gotthard yang nyaris tanpa kemiringan memungkin perjalanan kereta yang lebih berbeban berat dan lebih panjang dibandingkan melalui jalur lama dan telah meningkatkan kapasitas kereta barang dari sekira 180 menjadi sekira 260 kereta per hari.(ilj/bbs)