oleh

Pj Wali Kota Tangerang : ASN Harus Netral

image_pdfimage_print

Kabar6-Dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan pada 1 Oktober, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menyatakan pentingnya peran aktif masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam membangun komunitas yang kuat dan harmonis, berlandaskan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar persatuan bangsa Indonesia.

“Kita harus senantiasa berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang positif di kehidupan sehari-hari,” ujar Nurdin, saat menyampaikan amanatnya pada upacara Hari Kesaktian Pancasila di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (1/10/2024).

“Pancasila adalah pemersatu kita. Saya meminta seluruh ASN dan perangkat daerah untuk terus membangun narasi positif di berbagai media. Sampaikan hal-hal baik yang kita lakukan. Jika kita tidak berkontribusi dalam membangun hal-hal positif, maka narasi negatif akan mudah berkembang,” sambungnya.

**Baca Juga: Spek Diganti, Ini Perbedaan Kardus Kotak Suara Pemilu Versus Pilkada 2024 di Tangsel

Seiring dengan berlangsungnya tahapan Pilkada, kata Nurdin, seluruh ASN agar senantiasa menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis. Netralitas ASN merupakan prinsip dasar yang harus dijaga guna memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

“ASN harus tetap netral dan tidak boleh terlibat dalam kegiatan politik praktis. Kita bekerja untuk melayani masyarakat, bukan kepentingan politik tertentu. Pelayanan kepada masyarakat harus terus berjalan tanpa ada keberpihakan,” katanya.

Ia mengatakan ASN yang bertugas dalam bidang kemanusiaan, seperti tenaga medis, pemadam kebakaran, kebersihan, Satpol PP, dan petugas lainnya, dapat tetap melaksanakan tugasnya selama tahapan kampanye, dengan syarat adanya surat tugas resmi dari instansi atau lembaga terkait.

“Petugas yang bertugas selama masa kampanye diperbolehkan membantu pelaksanaan kegiatan, asalkan ada permintaan resmi dan dilengkapi dengan surat tugas. Tetapi, ingat, jangan memakai atribut kampanye, menggunakan simbol-simbol atau terlibat dalam kegiatan politik praktis. Tetap jaga netralitas dan fokus pada pelayanan masyarakat,” terangnya.

Ia berharap agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan mampu melahirkan pemimpin yang amanah. Selain itu, ia menekankan pentingnya terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sebagai anak bangsa harus terus mengawal Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah bangsa. Pancasila telah membawa kita melewati berbagai tantangan dan menjaga Indonesia tetap berdiri tegak hingga saat ini. Penanaman nilai-nilai Pancasila harus menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, tempat kerja, maupun di lingkungan masyarakat. Upacara ini hanyalah simbol, tetapi pengamalan nilai-nilai Pancasila harus kita jalankan setiap hari melalui semangat saling menghargai, kerja keras, dan pengabdian,” tandasnya. (Oke)

Print Friendly, PDF & Email