oleh

Idap Kanker Kulit, Pria Inggris Ini Ganti Hidungnya Seperti Belalai Gajah

image_pdfimage_print

Kabar6-Peter Dixon (74), pria asal Inggris, memiliki bentuk hidung aneh, seperti belalai gajah. Awalnya, tampilan hidung milik Dixon normal, namun karena kanker kulit, dokter harus mengangkat seluruh hidungnya.

Dixon, melansir Mirror, pertama kali menyadari adanya bercak pada hidungnya yang ‘tidak terlihat normal’ pada 2022. Setelah dirujuk ke ahli dermatologi, Dixon menerima kabar mengejutkan bahwa dirinya menderita kanker kulit. Tidak lama kemudian, ahli bedah plastik menemukan luka kedua di sisi lain hidung Dixon, sesuatu yang bahkan tidak disadari pria itu.

Untuk menghilangkan sel-sel kanker di kedua sisi hidungnya, para spesialis harus mengangkat sebagian besar hidung Dixon, meninggalkan dua lubang besar yang menganga. Dixon menjalani operasi plastik kompleks untuk membangun kembali hidungnya yang hilang akibat kanker kulit.

“Saat itu, dokter menawarkan hidung prostetik, sesuatu yang bahkan tidak terpikirkan atau saya ketahui ada,” terang Dixon.

Namun, ada opsi lain, yaitu merekonstruksi hidungnya menggunakan kulit dari dahinya. “Ini yang mereka sebut belalai gajah, memang agak mirip,” kata Dixon sambil melihat hasil operasi di cermin dalam seri dokumenter ‘The Face Doctors’.

Meskipun tujuan utamanya adalah menghilangkan kanker, Dixon khawatir cucu-cucunya akan takut pada dirinya setelah melihat hidung belalai gajah.

“Kekhawatiran terbesar saya adalah lima cucu saya akan takut pada saya, tapi mereka menerima kenyataan dengan santai. Beberapa yang masih muda penasaran dan ingin menyentuhnya. Saya memiliki keluarga besar dan dekat, dan mereka semua mendukung saya,” ungkap Dixon.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email