oleh

Tiga Paslonbup Lebak Jalani Pemeriksaan Kesehatan

image_pdfimage_print

Kabar6-Tiga pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Lebak yang bakal bertarung pada Pilkada 2024 menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Banten, Kota Serang, Minggu (1/9/2024).

Pemeriksaan kesehatan dilakukan usai ketiga paslon mendaftar ke KPU Lebak pada Kamis (29/8/2024). Dokumen pencalonan ketiga paslon dinyatakan lengkap.

“Hari ini dijadwalkan pemeriksaan kesehatan terhadap para pasangan bakal calon di RSUD Banten. Pemeriksaan dijadwalkan hari ini mulai pukul 07.00 WIB,” kata Anggota KPU Lebak Deni Wahyudin kepada Kabar6.com.

**Baca Juga:Ratu Zakiyah, Istri Yandri Susanto, Periksa Kesehatan Sebagai Bacabup Serang 2024

Deni menjelaskan, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

“Jadi pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk menilai status kesehatan calon serta mengidentifikasi kemungkinan adanya ketidakmampuan secara jasmani dan rohani yang bisa mengganggu kemampuan menjalankan tugas dan kewajibannya,” terang Deni.

Ia menerangkan, selain kesehatan jasmani dan rohani, tim pemeriksa juga melakukan pemeriksaan penyalahgunaan narkotika.

“Penilaian dilakukan oleh tim pemeriksa kesehatan independen yang dibentuk oleh pimpinan rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU. Tentu penilaian dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip pemeriksaan kesehatan yang memenuhi persyaratan objektif – ilmiah berlandaskan ilmu kedokteran berbasis bukti,” papar Deni.(Nda)8

Print Friendly, PDF & Email