oleh

Cegah Pengemudi Mobil Mengantuk, Tiongkok Pasang Lampu Laser di Jalan Tol

image_pdfimage_print

Kabar6-Sebagai upaya mencegah pengemudi mobil tertidur saat sedang menyetir, pihak berwenang Tiongkok tengah menguji instalasi laser di jalan tol. Tahun lalu, klip sinar lampu warna-warni yang diproyeksikan dari rambu jalan tol di Tiongkok menjadi viral di media sosial, dan membuat banyak orang bertanya-tanya perihal tujuannya.

Rambu tersebut, melansir News18, justru tampak seperti pertunjukan cahaya di pesta terbuka, yang sebenarnya merupakan metode uji coba untuk mencegah pengemudi, terutama sopir truk, tertidur saat mengemudi. Klip paling populer dari instalasi aneh itu direkam di Jalan Tol Qingdao–Yinchuan sepanjang 1.600 km, yang kabarnya sebagian besar digunakan oleh truk-truk besar dari ibu kota Ningxia yang menuju kota pelabuhan Qingdao.

“Tuan Li, orang di balik kamera, melaporkan bahwa lampu laser yang dirancang untuk melawan rasa lelah ini dengan cepat menyegarkannya dan mengurangi kelelahannya selama malam yang panjang,” tulis salah satu unggahan viral di X (Twitter).

Namun, sejumlah orang mengeluh dengan mengatakan bahwa sinar laser terlalu mengganggu, sementara yang lain mengatakan bahwa sinar laser lebih mungkin menyebabkan kejang epilepsi daripada membuat pengemudi tetap terjaga.

“Siapa yang punya ide jenius untuk membutakan pengemudi? Selamat, mereka yang tidak mengantuk sekarang jadi bingung,” tulis seorang pengguna X.

Tidak jelas apakah sistem laser masih diuji di jalan tol, atau apakah otoritas Tiongkok akan menerapkan proyek tersebut, tetapi kontroversi seputar hal itu masih menjadi berita utama.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email