oleh

Apa Saja Fakta Tentang Orgasme?

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Orgasme berarti pelepasan mendadak ketegangan seksual yang terkumpul, yang mengakibatkan kontraksi otot ritmik di daerah pinggul yang menghasilkan sensasi kenikmatan yang kuat dan diikuti relaksasi yang cepat.

Ini biasanya berlangsung untuk beberapa detik. Orgasme sebagian juga merupakan pengalaman psikologis akan kenikmatan dan pelepasan, saat pikiran difokuskan hanya pada sensasi pengalaman pribadi. Orgasme kadang-kadang disebut klimaks atau keluar.

Dalam riset asli siklus respon seksual manusia, orgasme merupakan tahap yang ketiga dari empat tahap, terjadi setelah tahap peningkatan dan sebelum fase penyelesaian.

Model siklus respon seksual lain yang diterima luas yang dikembangkan oleh Helen Singer Kaplan, MD, PhD. melibatkan hanya tiga tahap: gairah, kesenangan dan orgasme.

Nah, berikut adalah beberapa fakta tentang orgasme, seperti dikutip dari meetdoctor.com, yang perlu Anda ketahui:

1. Orgasme bisa hilangkan rasa sakit
Sering sakit kepala? Nah, mungkin saja Anda perlu bercinta untuk menghilangkan sakit tersebut. Pasalnya, ada beberapa bukti bahwa orgasme dapat meringankan semua jenis nyeri, termasuk arthritis. Hal ini dikarenakan adanya oksitosin atau hormon cinta yang dihasilkan saat orgasme.

2. Kondom tidak mempengaruhi kualitas orgasme
Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, apakah penggunaan kondom dapat mempengaruhi kualitas orgasme yang akan Anda capai? Sebenarnya, kondom tidak akan mempengaruhi kualitas hubungan seksual.

“Justru kondom dapat membantu pasangan lebih lama dalam berhubungan seksual, serta dapat menghindari ejakulasi dini,” ujar Debby Herbenick, PhD seorang ilmuwan di Indiana University.

3. Sebanyak 30 persen wanita sulit mengalami orgasme
Menurut statistik Planned Parenthood, sekitar satu dari tiga wanita sulit mengalami orgasme ketika berhubungan seksual, dan 80 persen di antaranya mengalami kesulitan mencapai orgasme saat melakukan vaginal sex saja.

Stimulasi pada bibir vagina saat berhubungan seksual dapat membantu mengatasi keluhan sulit orgasme, begitu pula dengan penggunaan obat-obatan.

Bagi beberapa wanita, penggunaan testosterone (secara topikal atau dioles) atau beberapa obat-obatan dapat membantu mengatasi disfungsi seksual. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan obat tersebut. ** Baca juga: Wanita Harus Tahu Fakta Seks Ini

Sudahkah Anda membuktikan?(ilj/bbs)