oleh

Ahaa…Bercinta Dua Kali Sejam Tingkatkan Kesuburan Pria

image_pdfimage_print
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap pasangan suami istri, terutama yang baru saja menikah, tentu saja ingin segera memiliki buah hati. Berbagai cara dilakukan, mulai dari rajin berkonsultasi ke dokter, maupun rutin menghitung masa subur.

Pernahkah Anda mendengar bahwa kesuburan pria bisa ditingkatkan hanya dengan berhubungan intim dua kali dalam satu jam?

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, Dr. Jackson Kirkam-Brown, seorang ahli reproduksi dari Universitas Birmingham, seperti dikutip dari id.theasianparent.com, mengatakan bahwa menunda hubungan seksual berdampak buruk bagi pria, karena akan mempengaruhi kualitas sperma.

“Orang masih berpikir jika Anda ingin punya anak Anda harus “menyimpan” sperma Anda, padahal faktanya semakin baru sperma, semakin bagus,” katanya.

Senada, penelitian dari North Middlesex Hospital di London pun menyatakan bahwa untuk meningkatkan kesuburan pria, bisa dilakukan dengan hal yang sangat menyenangkan, yakni berhubungan intim dengan isteri dua kali dalam satu jam.

Hal ini otomatis mematahkan gagasan bahwa pria sebaiknya tidak berhubungan seksual sebelum menginginkan anak untuk memperbesar peluang mereka menjadi ayah.

Penelitian ini dilakukan pada 73 pasangan yang menjalani intrauterine insemination (IUI), sebuah tindakan medis menyemprotkan sperma ke dalam rahim wanita, yang biasa dilakukan dalam program kehamilan.

Pria (yang termasuk kurang subur) memproduksi dua sampel sperma dalam satu jam. Lantas, sampel kedua digunakan untuk IUI. Hasilnya, 20 persen lebih ampuh menghasilkan kehamilan dibandingkan dengan sampel pertama yang hanya 6 persen.

Dalam penelitian ini, 15 istri berhasil hamil. Sementara 10 lainnya hamil setelah mereka mencoba cara ini pada masa subur di bulan  Secara keseluruhan, tingkat keberhasilan cara ini mencapai 34 persen.

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan tingkat keberhasilan IUI dan IVF (In Vitro Fertilization) atau program bayi tabung. Para ahli meyakini hasil ini bisa membantu program hamil tanpa perlu IUI atau IVF.

Melakukan hubungan seksual kedua dalam satu jam rupanya dapat meningkatkan kesuburan pria karena sperma kedua yang dikeluarkan lebih segar dan mengandung kualitas yang lebih bagus. Dengan kata lain sperma kedua adalah sperma subur.

Mengeluakan sperma baru dan lebih segar tentu lebih baik dari pada menahan pria melakukan hubungan seksual dan tidak mengeluarkan sperma yang bisa mengurangi tingkat kesuburan pria.

“Meskipun ini penelitian kecil, kami yakin ini adalah langkah besar dan bisa membuat perubahan besar bagi program kehamilan,” jelas Dr Gulam Bahadur, spesialis kesuburan dari North Middlesex Hospital, yang menjadi ketua penelitian tersebut. ** Baca juga: Pahami 12 Fakta Penting Seputar Seks

Nah, bagi pasangan pengantin baru, berniat mencoba?(ilj/bbs)