oleh

70 Tahun Terpisah, Veteran Perang AS Bertemu Kembali dengan Kekasihnya

Kabar6-Penantian Duane Mann (91) selama berpuluh-puluh tahun akhirnya membuahkan hasil. Pria yang merupakan seorang veteran Perang Korea berhasil melacak keberadaan kekasihnya, Peggy Yamaguchi, di Jepang dalam pencarian selama 70 tahun.

Bagaimana kisahnya? Melansir worldofbuzz, berawal ketika Mann pertama kali bertemu Yamaguchi pada 1953 saat pria itu ditempatkan di Jepang dari 1953 hingga 1954. Selama waktu luangnya, Mann bekerja sebagai tukang reparasi mesin slot di Klub Air Force Non Commissioned Officers Club tempat Yamaguchi bekerja sebagai ‘gadis penyimpan topi’.

Keduanya pun saling jatuh cinta dan memiliki rencana untuk menikah, hingga Mann dibebastugaskan dan dikirim kembali ke AS dua bulan lebih awal. Mann bermaksud menggunakan tabungannya untuk membawa Yamaguchi ke AS, tetapi sekembalinya dari Jepang, Mann mendapati kenyataan bahwa sang ayah telah menghabiskan semua uang miliknya.

Man menyatakan, hal yang paling menghantuinya adalah bagaimana Yamaguchi pasti berpikir bahwa pria itu telah meninggalkannya. Kisah patah hati dan harapan Mann menyebar ke seluruh dunia, bahkan sampai ke media Jepang. Tapi itu adalah seorang wanita di Vancouver, Kanada, yang membaca cerita online tadi dan dapat mengidentifikasi Yamaguchi dari surat kabar lokal Escanaba tertanggal 3 Februari 1956.

Selanjutnya, putra Mann dan putra Yamaguchi mengadakan reuni untuk kedua sejoli itu sembilan hari setelah cerita tersebut ditayangkan di KETV NewsWatch 7. Mereka akhirnya bersatu kembali di ruang konferensi di Island Resort and Casino, Escanaba.

Keduanya dengan cepat terlibat dalam percakapan ketika mereka mengenang waktu yang dihabiskan bersama di Jepang bertahun-tahun lalu, dan Mann akhirnya bisa menjelaskan apa yang terjadi setelah dia meninggalkan negara itu.

“Aku di sini untuk memberitahumu bahwa aku tidak meninggalkanmu sama sekali. Aku hanya tidak dapat menemukanmu,” kata Mann saat reuni bersama Yamaguchi. ** Baca juga: Viral, Video Astronaut NASA Jatuh Saat Jalan di Bulan

Mann menunjukkan kepada Yamaguchi semua foto dirinya yang disimpan dalam dompet selama 70 tahun. “Terima kasih telah mengingat dan (menyimpan) semua foto, kamu pasti mencintaiku,” ujar Yamaguchi sambil memeluk dan mencium Mann.

Di situ juga terungkap bahwa Yamaguchi telah memberi putranya, Mike Sedenquist, nama tengah Duane. “Duan. D-U-A-N-E. Sekarang baru terungkap bagaimana saya benar-benar mendapatkan nama itu dan itu bukan kebetulan, itu karena suatu alasan,” kata putra Yamaguchi.

Mann menggambarkan reuninya dengan Yamaguchi sebagai ‘pengalaman yang membebaskan’. (ilj/bbs)