oleh

Metode Kontroversial, Seorang Narapidana di Alabama Jadi Subjek Eksekusi Hipoksia Nitrogen

image_pdfimage_print

Kabar6-Kenneth Eugene Smith, seorang narapidana di negara bagian Alabama, Amerika Serikat (AS), akan menjadi subjek tes untuk metode eksekusi ‘eksperimental’ hipoksia nitrogen.

Keputusan itu datang ketika tim pengacara Smith meminta hakim menolak permintaan negara bagian untuk melaksanakan hukuman mati dengan menggunakan metode baru tersebut.

Dalam pengajuan pengadilan, melansir Nytimes, pengacara Smith meminta Mahkamah Agung Alabama menolak permintaan jaksa agung negara bagian untuk menetapkan tanggal eksekusi Smith menggunakan metode eksekusi baru yang diusulkan. Diketahui, gas nitrogen telah diizinkan sebagai metode eksekusi di tiga negara bagian, namun belum pernah digunakan untuk membunuh narapidana.

Pengacara Smith berpendapat, negara bagian hanya mengungkapkan sedikit informasi tentang cara kerja eksekusi nitrogen, dan hanya merilis salinan protokol yang diusulkan.

“Negara bagian berupaya menjadikan Smith sebagai subjek percobaan untuk percobaan eksekusi pertama dengan protokol yang belum teruji dan baru-baru ini dirilis untuk mengeksekusi orang-orang yang dihukum dengan metode baru hipoksia nitrogen,” demikian tulis pengacara Smith.

Berdasarkan metode yang diusulkan, hipoksia akan disebabkan oleh upaya memaksa narapidana untuk hanya menghirup nitrogen, sehingga mengurangi oksigen yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh dan menyebabkan kematian. Nitrogen sendiri membentuk 78 persen udara yang dihirup manusia dan tidak berbahaya jika dihirup dengan oksigen.

Meskipun para pendukung metode baru ini berteori bahwa metode ini tidak menimbulkan rasa sakit, para penentangnya menyamakannya dengan eksperimen manusia.

Pada 2018, Alabama mengizinkan hipoksia nitrogen, namun negara bagian tersebut hingga saat ini belum berupaya menggunakannya dalam hukuman mati. Oklahoma dan Mississippi juga telah mengizinkan hipoksia nitrogen, namun belum menggunakannya.

Smith sendiri dihukum dalam kasus pembunuhan Elizabeth Sennett pada 1988 di Colbert County, Alabama. Ia dinyatakan telah disewa oleh Charles Sennett, suami Elizabeth, dan mendapatkan bayaran sebesar US$1.000.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email