oleh

Warga Pesisir Banten Diminta Waspadai Potensi Banjir Rob hingga 7 Juni

Kabar6-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir pada tanggal 30 Mei hingga 7 Juni 2022.

Wilayah pesisir Banten menjadi salah satunya. Diprediksi, banjir rob berlangsung dengan waktu yang berbeda di setiap wilayahnya.

“Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di permukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” tulis BMKG dalam press release, Sabtu (28/5/2022).

Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Serang, Tarjono, menjelaskan, seluruh wilayah di Banten memang memiliki potensi yang sama terjadinya banjir rob.

Namun dijelaskan Tarjono, berdasarkan data yang dihimpun, banjir rob beberapa kali terjadi di perairan pantai utara Banten (Pontang-Karangantu).

**Baca juga: Dua Kasus Peredaran Narkoba Diungkap Polres Lebak

“Walaupun begitu seluruh masyarakat pesisir Banten tetap harus waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut, tetapi tidak panik berlebihan,” imbaunya saat dihubungi Kabar6.com, Selasa (31/5).

Selain Banten, banjir rob juga dipresiksi berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bangka Belitung, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Maluku.(Nda)