oleh

Peringatan Dini BMKG Serang, Potensi Banjir Rob Terjadi di Pesisir Banten

Kabar6-BMKG Serang melalui akun resmi Instagramnya, @bmkgkotaserang, memberikan peringatan dini akan potensi banjir rob di pesisir Banten. Dalam keterangannya menuliskan, potensi banjir rob disebabkan adanya fase new moon atau bulan baru dan perigee atau titik terdekat bulan dengan bumi yang terjadi bersamaan pada 21 Januari 2023, sehingga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Dalam unggahan tersebut juga menjelaskan kalau potensi banjir rob untuk perairan Utara dan Selatan Banten terjadi pada tanggal 19-25 Januari, serta perairan Barat Banten pada 20-25 Januari 2023.

Kemudian dalam keterangan resmi tertulis yang disampaikan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, pada Rabu, 18 Januari 2023, ada sejumlah provinsi di Indonesia yang juga berpotensi mengalami banjir rob.

Total, ada 23 daerah yang berpotensi mengalami banjir rob, seperti pesisir Banten, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, DKI Jakarta bagian Utara.

**Baca Juga: Niat Cari Dukun, Nyawa Melayang dan Dibuang di Kebun Karet Cijaku

Kemudian pesisir Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Maluku, Pesisir Utara Papua, dan pesisir Papua Selatan.

Potensi banjir rob berbeda waktu, hari dan ketinggiannya di setiap daerah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti bongkar muat di pelabuhan, pemukiman, tambak garam dan perikanan darat. Secara umum, masyarakat diminta berhati-hati sejak 17-29 Januari 2023.

“Masyarakat pesisir pantai diimbau waspada akan potensi banjir rob yang terjadi pada rentang waktu tersebut,” ujar Koordinator Data dan Informasi BMKG Serang, Tarjono, Rabu (18/01/2023). (Dhi)

Print Friendly, PDF & Email