oleh

Wajah Baru Rebut Kursi DPRD Kabupaten Tangerang

Kabar6-Kursi DPRD Kabupaten Tangerang periode 2019-2024 dipastikan akan diisi sejumlah wajah baru. Hal tersebut berdasarkan hasil tabulasi internal parpol dimana sejumlah pendatang baru mendapat suara lebih banyak dibanding petahanan.

Ketua DPD PKS Kabupaten Tangerang, Wishnu Yudhamukti mengatakan, dari tabulasi perolehan suara sementara internal parpol, PKS sudah bisa mengamankan 5 kursi.
Adapun komposisi lima kader yang akan menjadi wakil rakyat, tiga diantaranya merupakan wajah baru dan dua petahanan.

“Untuk sementara kami sudah mengamankan 5 kursi, naik 3 kursi dibanding Pemilu 2014. Memang ada tiga wajah baru,” kata Wishnu kepada wartawan melalui telepon, Senin (29/4/2019).

Wishnu menjelaskan, munculnya wajah baru merupakan dampak dari penambahan raihan jumlah kursi untuk PKS.

Sejumlah Daerah Pemilihan (Dapil) yang tak mendapatkan kursi di Pemilu 2014, kini bisa diamankan sehingga secara otomatis akan muncul wajah baru.

Wishnu mencotohkan, wajah baru itu adalah calon Anggota Legislatif (Caleg) dari dapil 2 atas nama Syahril. Kemudian, caleg dari dapil 4 atas nama Nawawi yang merupakan mantan Camat Pasar Kemis, Dapil 6 atas nama Hidayat.

“Di dapil 2, Dapil 4, dan Dapil 6 itu pada Pemilu 2014 tidak dapat kursi, sekarang dapat. Tapi di dapil 2 dan dapil 5 itu masih diisi wajah lama,” jelasnya.

Munculnya wajah baru di Kursi DPRD dibenarkan oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang Dedi Sutardi.

Menurut Dedi, berdasarkan perhitungan sementara, pihaknya sudah mengamankan enam kursi DPRD Kabupaten Tangerang.

Dari enam kursi itu, kata Dedi, dua kursi direbut oleh wajah baru. “Berdasarkan perhitungan sementara, Partai Demokrat mendapat enam kursi merata disetiap dapil kang (meyebut wartawan). Dua orang merupakan wajah baru, empat wajah lama,” singkatnya.

Sekretrais DPD Golkar Kabupaten Tangerang, Ahmad Jaeni mengaku, belum mendapatkan kabar pasti perolehan jumlah kursi DPRD Kabupaten Tangerang yang didapat oleh Partai Golkar, karena perhitungan suara masih dilakukan ditingkat Panitia Pemilihan Kecematan (PPK).

“Perhitungan masih berlangsung di PPK. Jadi saya belum mendapat kabar jumlahnya berapa,” kata pria yang akarab dipanggil Jaeni.

Kendati belum mendapat informasi, Jaeni memprediksi jumlah kursi Partai Golkar di DPRD Kabupaten Tangerang akan naik dari Pemilu 2014.

Hal itu karena, Ketua DPD Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar telah memberikan motivasi kepada kader Golkar untuk meraih 12 kursi atau naik 2 kursi dibanding Pemilu 2014.

“Jika target 12 kursi bisa terhujud, bisa dipastikan ada wajah baru,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Tangerang, Ahmad Supriyadi memperdiksi tidak akan kembali mengisi satu dari 50 kursi DPRD kabupaten Tangerang.**Baca juga: Sidak ke Pasar Rau, Gubernur Banten: Harga Bahan Pangan Relatif Stabil.

Hal itu terjadi karena dirinya kalah suara dengan pendatang baru dari Dapil 5 dari PDIP. “Untuk sementara, suara saya kalah dengan caleg satu partai nomor urut satu bernama Deden. Tapi kalau PDI mendapat dua kursi dari Dapil 5, kemungkinan saya akan lolos kembali. Saya minta doanya saja,” singkatnya.(Vee)

Berita Terbaru