oleh

Tiga Rumah Rusak Diterjang Longsor di Cicarucup Girang

Kabar6-Tanah longsor di Kampung Cicarucup Girang, Desa Neglasari, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak.

“Kejadian longsong tebing tanah terjadi pada hari Senin, 9 Desember sekira pukul 16.00 WIB,” kata Ketua Tagana Lebak, Iwan Hermawan, Selasa (10/12/2019).

Dilaporkan, terdapat tiga rumah dengan kondisi rusak berat dan ringan akibat diterjang material longsor.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta. Untuk sementara, keluarga yang kondisi rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah saudaranya,” ungkap Iwan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mengeluarkan inbauan agar masyarakat yang tinggal di perbukitan untuk mewaspadai longsor.

**Baca juga: Pemkab Lebak Sosialisasikan SOP Standar Pelayanan dan Sistem OSS.

“Hasil rapat Badan Geologi, semua diminta waspada, terutama warga yang tinggal di bantaran sungai dan perbukitan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi.

Daerah yang rawan terjadi banjir bandang dan longsor di antaranya Cibeber, Banjarsari, Sajira, Muncang, Lebakgedong, Sobang, Leuwidamar, dan Cimarga.

“Kalau hujan lebat lebih dari setengah jam warga sudah harus hati-hati, karena banjir bandang secara tiba-tiba dan membawa material longsor yang bisa merusak rumah,” kata dia mengingatkan.(Nda)

Berita Terbaru