oleh

Tidak Hanya Susu, Buah dan Sayuran Juga Bikin Tulang Lebih Kuat

Kabar6-Mungkin selama ini Anda masih beranggapan bahwa kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat serta terhindar dari osteoporosis hanya ada pada susu.

Sebuah penelitian, melansir Newsmaxhealth, menunjukkan bahwa berbagai jenis buah dan sayuran ternyata juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Pada penelitian yang dilakukan di Inggris ini, para peneliti menemukan bahwa garam kalium (bikarbonat dan sitrat), yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Selama seseorang hidup, tubuhnya akan terus mengalami suatu proses yang dikenal dengan nama remodeling tulang. Pada proses ini tulang tua akan ‘dibuang’ dari dalam tulang rangka (resorpsi tulang) dan tulang baru akan dibentuk.

Para peneliti menemukan, garam kalium dapat membantu mengurangi pengeluaran kalsium dan asam di dalam air kemih, yang berarti dapat membantu memperlambat proses resorpsi tulang.

Berlebihannya asam di dalam tubuh akibat diet tinggi protein hewani dan sereal kaya protein dapat menyebabkan tulang menjadi lemah, yang membuat tulang menjadi lebih mudah patah.

Para peneliti menemukan, garam kalium dapat mencegah terjadinya osteoporosis karena dapat membantu memperlambat proses resorpsi tulang. ** Baca juga: Kualitas Tidur yang Baik Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Jadi mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran juga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.(ilj/bbs)

Berita Terbaru