oleh

Kebun Binatang di Thailand Tawarkan Tur Virtual Selama Pandemi COVID-19

Kabar6-Akibat pandemi COVID-19, beberapa tempat wisata terpaksa harus tutup, sehingga membuat pemasukan di sektor pariwisata menjadi menurun. Para pengusaha pun harus memutar otak agar tetap mempunyai pemasukan.

Nah, salah satu cara unik agar tempat pariwisata tetap mendapatkan pemasukan ini dilakukan pengelola kebun binatang Khao Kheow di distrik Si Racha, Thailand. Kebun binatang tersebut, melansir Bernama, menawarkan tur virtual agar masyarakat tetap dapat merasakan wisata meski hanya di rumah.

Diketahui, organisasi Taman Zoologi Thailand menginstruksikan 14 kebun binatang di Thailand ditutup mulai 18 Maret, melalui keputusan kabinet untuk membatasi kerumunan masyarakat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Hasilnya, kebun binatang yang terletak di lahan seluas 2.000 hektare dan menampung lebih dari 8.000 hewan dari 300 spesies itu menjadi sangat sepi.

Menurut Direktur kebun binatang Khao Kheow bernama Attaporn Srihayrun, hewan-hewan itu tampak lebih bahagia dan tidak merasa stres seperti hari-hari biasa ketika banyak pengunjung.

“Kami memperhatikan bahwa beberapa hewan kami telah berubah. Beberapa dari mereka berada dalam suasana hati yang bahagia dan santai. Beberapa dari mereka juga melakukan perkawinan. Namun, beberapa hewan memperhatikan sekeliling yang sunyi karena tidak ada pengunjung,” kata Srihayrun.

Meskipun begitu, pihaknya memastikan rutinitas hewan tidak banyak berubah dan para pawang tetap mengawasi kehidupan para hewan selama penutupan kebun binatang.

Dengan adanya penutupan tersebut, kebun binatang telah membuat program tur virtual yang menyiarkan langsung atraksi hewan melalui halaman Facebook kebun binatang Khao Kheow, untuk memungkinkan pemirsa di rumah menonton binatang.

Program tersebut telah berjalan dari 3 April 2020 dan dinamai ‘Zoo to Home’. Program ini menampilkan video close-up hewan di kebun binatang dengan penjelasan dari pembawa acara tentang perilaku dan kebiasaan hewan tersebut, serta petunjuk tentang merawat hewan.

Hingga kini, program Zoo to Home telah menampilkan 21 hewan termasuk Tapir Malaya, harimau, jerapah, zebra, kuda nil, kuda nil kuda nil, dan koala, dan setiap episode ditonton oleh ribuan penonton. ** Baca juga: Sejumlah Besar Pelayat di AS Hadiri Pemakaman Seekor Ikan

Dijelaskan Srihayrun, selama penutupan kebun binatang sedang menjalani perbaikan untuk mempersiapkan pembukaan kembali. “Kami berharap kebun binatang akan segera dibuka kembali dan penggemar binatang dapat mengunjungi hewan favorit mereka di sini,” harapnya.

Semoga pandemi COVID-19 segera berlalu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru