oleh

Ternyata, Posisi Tidur Seperti Ini Tidak Disarankan

Kabar6-Anda mungkin pernah mengalami nyeri punggung saat bangun tidur yang biasanya disebabkan oleh ketidaksejajaran tulang belakang. Duduk sepanjang hari pun bisa mengakibatkan otot-otot pinggul kencang.

Tidak heran jika tulang belakang bagian bawah pun jadi melengkung. Rasa sakit pada punggung bagian atas juga bisa disebabkan mengencangnya otot-otot bahu akibat postur tubuh membungkuk. Jika posisi tidur Anda salah maka bisa memperburuk kondisi ini.

“Orang-orang sering mengeluh bahwa mereka mengalami kekakuan dan nyeri pada leher atau punggung ketika mereka bangun di pagi hari. Hal ini disebabkan tidur di postur yang salah di malam hari,” kata Dr. Sudeep Jain, Spine Surgeon dan Direktur di Spine Solutions.

Dijelaskan, postur tubuh sangat penting dan tidak terbatas hanya untuk duduk atau berdiri saja . Mempertahankan postur tubuh yang benar adalah penting bahkan saat tidur. Nah tahukah Anda, dilansir Health Me Up, ternyata ada dua posisi tidur yang tidak disarankan dengan alasan kesehatan. Ini dia posisi tidur yang dimaksud:

1. Tidur di perut
Meskipun lebih banyak disukai, posisi tidur ini benar-benar berbahaya bagi tulang belakang karena menyebabkan nyeri dan kerusakan jangka panjang. Tidur di perut mengarahkan sebagian besar berat tubuh ke bagian tengah tubuh.

Akibatnya, tubuh tidak mampu mempertahankan kurva alami dari tulang belakang dan tidur dengan posisi ini semalaman menyebabkan banyak ketegangan pada tulang punggung dan otot punggung. Orang cenderung memiringkan kepala mereka yang akan menempatkan banyak tekanan pada leher dan mengakibatkan kekakuan dan nyeri yang tajam di leher, saat tidur dalam posisi seperti ini.

2. Posisi janin
Posisi di mana orang meringkuk seperti bola dengan lutut ditarik ke atas dan dagu mereka miring ke bawah. Postur ini juga menempatkan banyak tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan sejumlah masalah punggung dan leher.

Postur tidur yang salah bisa menyebabkan komplikasi yang melampaui masalah punggung. Tulang belakang terdiri dari berbagai saraf yang berhubungan dengan berbagai bagian tubuh. Setiap stres pada tulang belakang juga memengaruhi saraf dan bisa menyebabkan berbagai masalah di bagian lain dari tubuh juga.

Ketidaknyamanan di malam hari juga menyebabkan seseorang untuk bangun lagi dan lagi. Akibatnya, tubuh dan pikiran akan kehilangan waktu istirahat yang cukup. Ketika hal itu terjadi berulang-ulang, kesehatan dan fisik secara keseluruhan dari orang tersebut juga memburuk. ** Baca juga: 4 Alasan Konsumsi Kentang Bantu Turunkan Berat Badan

Jadi tidurlah pada posisi yang menjaga tulang belakang tetap sehat. Hindari penggunaan bantal yang sangat tebal saat tidur. Yuk, perbaiki lagi posisi tidur kita.(ilj/bbs)

Berita Terbaru