oleh

Menakjubkan! Burung Penenun Punya Sarang Terbesar di Dunia Hingga 6 Meter

Kabar6-Burung penenun juga dikenal sebagai burung weaver (social weaver) dan banyak hidup di daratan Afrika Selatan, Namibia hingga India. Memiliki kemampuan unik yaitu bisa membuat sarang terbesar di dunia.

Burung penenun, sebagaimana dilansir Odditycentral, dapat membuat sarang dengan berat hingga 900 kg dalam satu pohon, dengan lebar bisa mencapai enam meter dan panjangnya lebih dari 10 meter. Dari atas ke bawah, panjang sarang ini tak kurang dari dua meter. Paling sedikit ada 100 bilik dalam sarang yang dihuni oleh sedikitnya 500 ekor burung.

Menurut Gavin Leighton, seorang peneliti dari Miami, AS, hal yang membuat takjub adalah setiap bilik memiliki pintu sendiri yang terbuat dari dahan dan rumput. Di tiap pintu terdapat pengamanan berupa ranting-ranting yang cukup tajam agar ular dan pemangsa lainnya tak bisa masuk.

Saat udara di habitat tersebut minus mencapai -29 derajat Celcius, hal sebaliknya terjadi dalam sarang yang justru hangat dengan suhu 21 hingga 24 derajat Celcius. Sementara saat udara panas, dalam sarang akan terasa lebih dingin karena tidak ada sedikit pun sinar matahari yang masuk.

Sarang burung penenun disebut sebagai salah satu sarang terbesar di dunia yang bersifat permanen dan bisa ditinggali lintas generasi. Sama seperti tempat tinggal manusia, sarang burung penenun ditempati oleh sepasang burung juga anak-anaknya. Di setiap bilik sarang terdapat kamar-kamar khusus yang menakjubkan. ** Baca juga: Dalam Waktu 5 Detik, Feliks Sanggup Selesaikan Rubik

Beberapa tempat yang menjadi habitat sarang burung penenun di Afrika Selatan dan Gurun Khalahari selalu ramai oleh wisatawan. Ciptaan Yang Kuasa memang sangat luar biasa.(ilj/bbs)

Berita Terbaru