oleh

Jangan Jadikan Tempat Tidur Sebagai ‘Kantor’ Anda

Kabar6-Meskipun sudah menjalani new normal, sebagian perusahaan masih memberlakukan work from home (WFH) bagi para karyawannya. Selebihnya menerapkan sistem beberapa hari bekerja di kantor, dan sisanya WFH.

Nah, bagi Anda yang menjalankan WFH, seringkali menjadi tempat tidur sebagai ‘kantor’ atau area kerja. Sayangnya, melansir medicaldaily, kebiasaan ini dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan. The Cleveland Clinic bertanya kepada chiropractor (praktisi kesehatan khusus pengobatan dan diagnosis gangguan neuromuskuler), bagaimana menggunakan tempat tidur sebagai meja dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

“Saya tidak akan merekomendasikan (bekerja di tempat tidur) dan saya akan berusaha menghindarinya dengan cara apa pun karena akan ada banyak konsekuensi negatif yang menyertainya,” kata Andrew Bang, DC, dalam artikel tersebut.

Terlepas dari apa pun alasannya, para ahli mengatakan bahwa kebiasaan bekerja di tempat tidur dapat berdampak pada postur tubuh dan bahkan mengganggu siklus tidur. Hal ini karena beberapa posisi bekerja di tempat tidur dapat menyebabkan nyeri dan sakit dalam jangka panjang.

Selain itu, bekerja di tempat tidur bertentangan dengan nasihat tidur yang baik, terutama jika orang yang mengalami kesulitan tidur sejak awal. Harvard Healthy Sleep mengatakan, ketika orang secara teratur bekerja di tempat tidur, tubuh mereka dapat mulai menghubungkan tempat tidur dengan pekerjaan.

Hal tersebut akan mengacaukan mode tidur dengan mode kerja, membuat seseorang lebih sulit untuk tidur nyenyak atau mengikuti pola tidur yang baik. ** Baca juga: Bangun Siang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Otak

Dikatakan Andrew Bang, jika seseorang terpaksa harus bekerja di tempat tidur, mereka perlu memastikan bahwa berbagai bagian tubuh dapat bergerak bebas dan berada dalam posisi yang baik.

Ditambahkan, posisi terbaik untuk bekerja di tempat tidur adalah memastikan punggung tidak bersandar ke kepala tempat tidur atau dinding. Menggunakan bantal untuk menopang punggung tidak disarankan karena dapat menyebabkan otot leher melendung.

Namun sama seperti bekerja di meja kerja, Anda harus bangun dan bergerak dari posisi duduk di tempat tidur setelah bekerja sebentar. Cobalah berguling ke samping dan regangkan tubuh setiap 45-60 menit saat bekerja dari tempat tidur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru