oleh

Termakan Hoaks, Ibu dan Anak di Inggris Minum Urine Sendiri untuk Cegah COVID-19

Kabar6-Hal konyol dilakukan seorang ibu beserta keempat anaknya gara-gara percaya hoaks yang beredar perihal COVID-19. Keluarga yang tinggal di London, Inggris, ini nekat minum urine mereka sendiri, karena percaya hal itu dapat mencegah COVID-19.

Kepada petugas kesehatan, melansir standard, perempuan yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa dia telah mengikuti saran menyesatkan dalam video yang diterima melalui layanan pesan WhatsApp. Ia nekat minum urine sendiri yang mengandung konsentrasi racun tinggi, selama empat hari.

Ya, perempuan ini mengaku tidak percaya dengan vaksin virus Corona, dan lebih memilih mengandalkan ‘pengobatan tradisional’.

Kasus ini menyoroti ketakutan di antara pembuat kebijakan di seluruh dunia tentang bagaimana informasi palsu dapat berdampak pada penggunaan vaksin COVID-19.

Perempuan itu mengungkapkan, dia yakin bahwa pendiri Microsoft Bill Gates dan sang istri, Melinda, akan meluncurkan vaksin dan obat-obatan yang menimbulkan bahaya bagi dia dan keluarganya. Hal itu dikatakan kepada para peneliti yang mensurvei penduduk London tentang informasi dan dukungan yang mereka terima setelah gelombang pertama pandemi.

Diketahui, beberapa video membahas tentang meminum urine sendiri setiap pagi menjadi obat untuk COVID-19. ** Baca juga: Bocah 12 Tahun di Inggris Nekat Telan 54 Bola Magnet Agar Logam Bisa Menempel ke Tubuhnya

Sementara penelitian yang dilakukan oleh organisasi Healthwatch Central West London, juga menemukan stigma terkait dengan tertular virus Corona baru di beberapa komunitas, yang ditambah dengan kurangnya kepercayaan pada saluran informasi ‘resmi’, menghadirkan masalah yang perlu disoroti dan ditangani.(ilj/bbs)

Berita Terbaru