oleh

Sriwijaya SJ-182 Jatuh di Pulau Seribu Terdeteksi Nyasar Arah Jalur

Kabar6-Kementerian Perhubungan mengungkapkan kronologis jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182 di perairan Kepulauan Seribu, siang tadi. Pesawat tujuan Jakarta – Pontianak itu terbang dari Bandara Soekarno – Hatta, Tangerang, menuju Bandara Supadio, Kalimantan Barat.

“Takeoff pada pukul 14.36 WIB. Kemudian pada pukul 14.37 melewati 1.700 kaki dan melakukan kontak dengan Jakarta Approarch,” kata juru bicara Kementerian Perhubungan, Andita Irawati di Terminal 2D Bandara Soetta, Sabtu (10/1/2021).

Pesawat lalu diizinkan naik dengan ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti standar instrumen.

“Pada pukul 14.40 Jakarta Approarch melihat Sriwijaya Air tidak ke arah 075 derajat. Melainkan ke Barat Laut,” jelas Andita.Baca Juga :Sriwijaya SJ-182 Jatuh, KNKT: Umur Pesawat Bukan Masalah, Asalkan

Oleh karenanya, ia lanjutkan, pemandu lalu lintas penerbangan atau ATC menanyakan arah pesawat. terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB.

“Tidak lama kemudian dalam hitungan detik pesawat hilang dari layar radar,” ungkapnya.

Andita sebutkan sesuai data manifest total jumlah penumpang pesawat sebanyak 62 orang. Terdiri dari 42 penumpang dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi. Sementara awak pesawat 12 orang antara lain 6 crew inti dan sisanya cadangan.

“Dan untuk itu kami bersama seluruh jajaran di sektor transportasi beserta seluruh stakeholder merasa prihatin atas kejadian ini dan berharap kita bisa segera melakukan pencarian dan sekaligus juga penyelamatan,” paparnya.(yud)

Berita Terbaru