oleh

Sering Mengeluh Tidak Baik untuk Kesehatan Mental

Kabar6-Tidak ada orang di dunia ini yang bebas dari masalah. Bedanya, ada yang sanggup menyelesaikan dengan kepala dingin, namun tak sedikit juga yang merasa terbebani sehingga seringkali mengeluh.

Meskipun mengeluh adalah sesuatu yang manusiawi, namun bila dilakukan secara terus menerus tentu saja tidak baik untuk kesehatan mental.

Mengeluh, melansir idntimes, memang jadi tanda seseorang merasa tak berdaya. Tapi ketidakberdayaan tersebut tak boleh jadi alasan Anda harus selalu mengeluh. Bukannya lega, Anda malah tambah pusing dan stres. Bagaimana tidak, secara tak langsung perkataan tersebut malah membuat masalah bertambah dan hati gelisah.

Kondisi hati yang letih akan membuat Anda makin depresi dan tak bisa berpikir jernih. Setiap manusia memang tidak pernah lepas dari persoalan. Tapi jangan biarkan persoalan tersebut malah membuat Anda berhenti produktif karena pikiran dipenuhi dengan energi negatif.

Secara tak sadar, terus mengeluh bisa melemahkan diri Anda sendiri. Anda seolah meyakinkan diri kalau memang tidak mampu seperti yang dipikirkan. Pada akhirnya, Anda benar-benar berhenti pada satu titik lemah dan merasa tak sanggup lagi.

Pikiran tersebut sangat berbahaya dan dapat menghancurkan Anda dari dalam. Orang lain mungkin akan merasa maklum jika mendengar Anda sesekali mengeluh.

Tapi kalau terus menerus dilakukan, ada saatnya mereka jadi merasa kesal saat mendengarnya. Ya, tiap orang punya beban yang tak kalah berat dengan Anda. Alhasil bukannya simpati, Anda justru mendapat cibiran. Hal lain, Anda akan disebut sebagai orang yang tidak pernah bersyukur. ** Baca juga: Kerap Disebut Antisosial, Menyendiri Ternyata Punya Sejumlah Manfaat

Jadi, kurangi kebiasaan mengeluh tentang hal yang tak penting. Bangun pikiran positif dalam diri Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru