oleh

Seekor Piranha Jalani Operasi Bibir

Kabar6-Seekor piranha terpaksa harus menjalani operasi akibat ada benjolan berupa daging tambahan yang tumbuh pada bibirnya. Hewan yang dipelihara dalam akuarium ini disebut beruntung karena benjolan tersebut terlihat oleh salah satu petugas.

Namun petugas sendiri tidak tahu, apakah benjolan yang ada pada bibir piranha tadi adalah tumor, kanker atau hanya bakteri. Hanya saja proses operasi pada ikan ini cukup rumit, dan membutuhkan beberapa tahapan.

Petugas, melansir animalplanet, harus mengambil piranha yang terkena penyakit dengan langsung menyelam ke akuarium yang dipenuhi piranha. Mereka lantas melakukan proses ‘pembiusan’ dengan meletakkan ikan ke dalam air yang diberikan obat penenang. Selanjutnya dilakukan proses sinar X, untuk memastikan jika benjolan di dalam bibirnya aman untuk diangkat.

Proses operasi atau pengangkatan tumor akar dilakukan agar kondisi ikan kembali sehat. Kemudian, piranha dikembalikan ke dalam ember yang berisi obat penyadar. Dan ini sangat penting untuk melihat kondisi ikan setelah dioperasi. Piranha lalu dikembalikan ke dalam akuarium dan dilihat kondisinya.

Diketahui, piranha adalah salah satu ikan pemangsa yang sangat rakus, berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini mampu melahap apa saja yang ada di air, begitu mereka ‘merasakan’ ada mangsa. Baik yang sengaja maupun tidak masuk ke dalam air. ** Baca juga: Terlalu Bebas, 5 Tempat di Dunia Disebut Sebagai ‘Kota Paling Berdosa’

Piranha tidak memilih apa yang mereka gigit, selama ada ‘bau darah’ maka akan dimakannya. Terlebih, piranha kerap berkumpul dalam satu kawanan, sehingga makanan sebesar apa pun akan habis dalam waktu sekejap.(ilj/bbs)

Berita Terbaru