oleh

Seorang Pria Tuna Netra Berhasil Lintasi Samudra Pasifik

Kabar6-Seorang pelaut tuna netra kelahiran Jepang bernama Mitsuhiro Iwamoto, mengemudikan perahu di laut melintasi Samudra Pasifik. Iwamoto yang sekarang tinggal di San Diego, mencapai pelabuhan Fukushima dengan perahu layar sepanjang 12 meter.

Perjalanan itu sendiri berlangsung hampir dua bulan setelah ia meninggalkan California. Iwamoto, melansir japantimes, ditemani seorang warga AS bernama Doug Smith, ketika keduanya berbagi tugas mengarahkan dan menavigasi kapal. Kedua pelaut itu tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya karena perahu ‘Dream Weaver’ disambut di Fukushima setelah perjalanan sejauh 14.000 km.

“Saya tidak menyerah dan saya membuat mimpi menjadi kenyataan. Saya orang paling bahagia di Bumi,” kata Iwamoto.

Disebutkan, Iwamoto sempat gagal dalam upaya sebelumnya pada 2013 lalu, karena perahunya menabrak ikan paus di lepas pantai Jepang. Iwamoto bisa jadi memecahkan rekor karena ia adalah orang tuna netra pertama yang melintasi samudra Pasifik.

Iwamoto menderita kebutaan total pada usia 16 tahun, tetapi berhasil melawan depresi dan mulai terlibat dalam pelayaran. Situs web atlet mencantumkan pria tersebut sebagai peserta dalam Kejuaraan Berlayar Penyandang Disabilitas AS 2012 dan San Diego Half Marathon 2012.

Perjalanan Iwamoto melintasi Samudra Pasifik disebut Voyage of Inspiration. Pelaut Jepang itu bermaksud untuk mengumpulkan uang bagi mereka yang menderita gangguan penglihatan atau tuna netra, serta untuk mengirim pesan bahwa segala sesuatu bisa terjadi ketika bekerjasama. ** Baca juga: Pria Asal AS Ini Tuntut Orangtua Rp1,2 Miliar Gara-gara Buang Koleksi Pornografi Miliknya

Misi yang sungguh mulia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru