oleh

Semarak Kontes Ikan Cupang di Teras Kota Serpong

Kabar6-Ratusan kolektor ikan hias jenis cupang (betta fish) menyemarakkan ajang perdana kontes berskala internasional di Teras Kota, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang ikuti oleh ratusan penggemar koleksi ikan cupang.

“Jumlah peserta cukup signifikan di kontes perdana ini,” ungkap Panitia Kontes Teras Kota and Aquascape Show, Andri Kurniawan, Minggu (16/11/2014).

Ia menjelaskan, jumlah peserta dalam kontes yang digelar selama 13-16 November ini ada 298 ekor ikan cupang. Para penggemar koleksi ikan cupang ikut bersaing dalam 31 kelas yang diperlombakan.

Segi penilaian dari dewan juri IBC, Andri bilang, dilihat dari warga ikan cupang peserta kontes. Semakin solidnya satu warna pada ikan cupang menjadi bagus. Sementara pihak dewan juri skala nasional menilai dari bentuk ekor dan badan dari ikan cupang.

“Kami mengundang juri dari nasional untuk ikut menilai. Perpaduan ini menjadi nilai sendiri pada kontes kali ini,” ujarnya.

Salahseorang peserta kontes, Windias mengatakan dirinya memang penghobies ikan cupang. Warga Citayam, Depok ini sengaja datang ke Serpong untuk mengikuti kontes ini. “Senang bisa turut serta dalam kontes ini,” ujarnya tersenyum.

Bahkan salahsatu ikan cupang yang disertakan Windias juga dinobatkan sebagai Best of Show dalam kontes tersebut. Ikan jenis Halfmoon dari kelas Halfmoon Cooper Dasar berhasil menjadi ikan terbaik dalam kontes kali ini.**Baca juga: Bahasa “Jawa Serang” Bakal Masuk Kurikulum SD.

“Ya enggak nyangka juga bisa juara. Kontes seperti ini harus sering diselenggarakan biar ramai,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru