oleh

Bahasa “Jawa Serang” Bakal Masuk Kurikulum SD

Kabar6-Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) setempat bakal memasukkan bahasa Jawa Serang ke dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD). Hal itu bertujuan untuk mengisi muatan lokal dan pengganti kurikulum bahasa sunda.

“Kami sudah siap dengan Perwal, kurikulum, dan silabus, tinggal mengimplementasikan pada tahun ajaran baru nanti,” kata Walikota Serang, Haerul Jaman, Senin (17/11/2014).

Sementara, perwakilan Komunitas Bahasa Jawa Serang (KBJS), Lhoe-Lhoe Jamaludin mengatakan, demi keberlangsungan bahasa daerah tersebut, pihaknya segera bertemu DPRD Kota Serang untuk membahas Peraturan Daerah (perda) terkait penerapan bahasa itu.

“Bahasa Jawa Serang sudah ada di Banten sejak tahun 1700 an. Bahkan sekitar tahun 1914 sebanyak 230 sekolah di Banten sudah menggunakan bahasa Jawa Serang,” ujarnya. 

Lebih jauh Lhoe-Lhoe mengatakan, bila pihaknya akan bergerak ke Kabupaten serang dan Kota Cilegon guna mengkampanyekan kurikulum bahasa Jawa Sunda, agar bisa diberlakukan diwilayah tersebut.

Dukungan juga muncul dari peneliti Bantenologi, Mujahid Chudori. Dimana menurutnya, Banten pada saat zaman kerajaan, memiliki undang-undang sendiri yang bertuliskan bahasa arab dan sansekerta.

Selain itu, pihak Bantenologi bersama peneliti lainnya di Banten kini sedang menyusun kamus bahasa jawa serang. **Baca juga: Ini Pemenang Kontes Narji Gemstones di HUT Tangsel.

“Ada beberapa perbedaan dialek dalam mengucapkan bahasa jawa serang. Tapi pada intinya semua berarti sama. Meskipun dialeknya saja berbeda, seperti sira, sireu, dan siro,” katanya.(tmn/din)

Berita Terbaru