oleh

Selain Makanan, Ada 2 Jenis Minuman yang Memiliki Kalori Kosong

Kabar6-Seorang ahli diet terdaftar bernama Isabel Smith RD, mengatakan makanan yang memiliki ‘kalori kosong’ adalah makanan yang mengandung lebih tinggi atau lebih rendah kalori, tetapi menawarkan sedikit atau bahkan tanpa nutrisi.

Dan ternyata bukan hanya makanan, minuman pun yang bisa memiliki ‘kalori kosong’. Melansir Womantalk, contoh minuman yang dimaksud adalah yang mengandung soda. Minuman ini tidak hanya menghilangkan vitamin dan mineral serta dikemas dengan kalori kosong yang berasal dari gula, tetapi juga mengandung banyak bahan yang dapat membahayakan tubuh.

“Soda reguler dan soda diet sarat dengan bahan kimia buatan seperti pewarna dan pemanis, yang dapat mempengaruhi perasaan kenyang secara negatif. Selain itu, soda berwarna gelap sering kali mengandung zat aditif seperti asam fosfat yang bisa berbahaya bagi kesehatan tulang,’ jelas Smith.

Ketimbang minum soda, Anda lebih disarankan untuk memilih air soda bebas natrium dan bebas gula dengan sedikit jus tanpa gula, jus yang baru diperas, atau perasan jeruk nipis atau lemon segar.

Jika ingin minuman yang memiliki rasa, tetapi bukan soda, Anda juga bisa memasukkan buah-buahan dan sayuran, seperti daun mint, jeruk, mentimun, atau jeruk dan stroberi dengan nanas.

Jenis minuman lainnya yang juga memiliki ‘kalori kosong’ adalah minuman berbasis kopi. Jika Anda penikmat kopi hitam tanpa gula tidak akan jadi masalah karena minuman tersebut mengandung kalori yang tidak seberapa.

Namun, banyak minuman di kedai kopi yang dapat memiliki lebih banyak kalori yang dibutuhkan tubuh. Frapuccino misalnya, bisa mengandung hingga 500 kalori dan 28,5 gram gula. ** Baca juga: 6 Hal yang Bikin Anda Terlihat Tua

Jadi jika ingin minum kopi, tetapi tidak ingin mengonsumsi minuman dengan ‘kalori kosong’, pilih saja kopi hitam dengan sedikit atau tanpa gula, yang masih aman diminum sebanyak 2-3 cangkir setiap hari untuk kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru