oleh

6 Hal yang Bikin Anda Terlihat Tua

Kabar6-Sudah banyak diketahui bahwa wajah adalah cerminan jiwa. Wajah yang tampak awet muda akan membuat penampilan jadi lebih segar, sehingga Anda pun makin percaya diri. Sebaliknya, wajah yang tampak tua membuat Anda terlihat kusam dan tak menarik.

Ternyata selain wajah, ada beberapa hal lain pada diri yang membuat Anda tampak tua. Melansir beberapa sumber, ini enam hal yang dimaksud:

1. Lelah dan kurang tidur
Kurang tidur membuat penampilan Anda terlihat tua. Efeknya yang paling jelas terlihat adalah adanya kantung mata atau lingkaran hitam di sekitar mata. Selain itu, Anda tampak lesu dan tak bersemangat.

2. Leher berkerut
Leher memang sangat rentan terhadap kerutan. Sayang, masih banyak orang yang mengabaikan bagian tubuh ini, dan kurang melakukan perawatan. Sama seperti wajah, leher juga terus terpapar matahari dan polusi, serta jarang ditutupi.

Padahal, kulit leher lebih tipis dan lebih rentan terhadap kekeringan dan keriput. Jika leher tidak kencang, maka penampilan Anda pun terlihat lebih tua.

Untuk mengatasinya, apa pun skincare yang Anda pakai pada wajah, harus dilanjutkan sampai ke leher, termasuk serum, pelembap, dan sunscreen.

3. Model rambut yang salah
Rambut adalah mahkota yang membingkai wajah Anda. Karena itulah, salah pilih model rambut akan membuat wajah tampak tua dan tak segar. Hal ini juga terkait dengan panjang rambut, bentuk poni, hingga ketebalan potongan.

4. Kulit tangan terbakar
Terlalu banyak terpapar sinar matahari akan merusak kolagen pada kulit Anda. Kulit tubuh, terutama tangan, mulai menebal, kasar, dan kadang muncul bintik-bintik.

Jika Anda harus berada di bawah sinar matahari langsung, gunakan baju lengan panjang, topi, dan kacamata hitam. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

5. Kulit Anda terlihat kering dan bersisik
Selain kulit terbakar, kulit kering dan bersisik juga membuat Anda terlihat tua dan kusam. Umumnya ini terjadi karena Anda malas memakai pelembap setelah mandi.

Usai mandi, biasanya kelembapan kulit akan hilang sehingga Anda wajib memakai losion pelembap tubuh. ** Baca juga: Jangan Lupa Tambahkan 5 Bahan Makanan Sehat dalam Menu Harian Agar Kulit Tampak Awet Muda

6. Anda sulit bergerak
Jika Anda masih muda tetapi sulit bergerak aktif karena kelebihan berat badan, maka hal ini akan membuat Anda terlihat tidak segar.

Orang yang awet muda biasanya aktif melakukan aktivitas fisik. Ini akan memperkuat otot, meningkatkan energi, dan meningkatkan suasana hati.

Aktif bergerak juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Anda tidak perlu pergi ke gym atau lari 10 km, jalan kaki atau bersepeda santai selama 45 menit setiap hari saja sudah cukup.

Adakah salah satu dari keenam hal tadi yang Anda rasakan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru