Sebenarnya Berapa Lama Nikotin dalam Tubuh Dapat Bertahan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Nikotin adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti tembakau dan tomat. Nikotin berkadar 0,3 persen sampai 5,0 persen dari berat kering tembakau berasal dari hasil biosintesis di akar dan terakumulasi di daun.

Nikotin adalah bahan aktif dalam produk tembakau seperti cerutu, rokok, tembakau pipa. Ketika Anda merokok, nikotin akan masuk ke aliran darah. Sebenarnya berapa lama sih waktu yang dibutuhkan nikotin untuk benar-benar meninggalkan tubuh? Ternyata hal itu tergantung beberapa faktor antara lain seperti berapa banyak tembakau yang Anda gunakan, jenis tes yang dilakukan untuk mengukur tingkat nikotin, dan bagaimana kemampuan tubuh memetabolisme racun.

Saat seseorang menghisap nikotin, maka akan masuk ke tubuh dan akan diubah menjadi kotinin di paru-paru sebelum keluar dari dalam tubuh melalui urine. Nikotin dan kotinin dapat dideteksi dalam darah, urin, air liur dan rambut. Melansir newhealthguide, berikut uraiannya:

1. Nikotin dalam darah
Saat lab menguji tingkat nikotin, biasanya nikotin akan hilang dalam waktu 1-3 hari setelah Anda berhenti menggunakan tembakau. Jika lab menguji untuk tingkat kotinin, kotinin akan terus terdeteksi selama 1-10 hari setelah penggunaan terakhir tembakau.

2. Nikotin dalam urine
Kadar nikotin dan kotinin dalam urine biasanya tidak terdeteksi dalam waktu 3-4 hari setelah berhenti menggunakan produk tembakau. Namun bagi perokok pasif, tes urin nikotin bisa positif selama 15 sampai 20 hari. Kotinin juga bisa lebih lama untuk dibuang bila menggunakan rokok mengandung mentol

3. Nikotin dalam air liur
Tes air liur dapat mendeteksi tingkat kotinin sampai empat hari. ** Baca juga: Mandi Malam Tetap Sehat, Begini Aturannya

4. Nikotin di rambut
Tes folikel rambut bisa dilakukan selama berbulan-bulan setelah merokok. Hal ini sangat akurat untuk 1-3 bulan setelah Anda berhenti merokok dan nikotin dapat terdeteksi sampai satu tahun. Ini merupakan tes khusus yang digunakan bila tes lain mempunyai hasil yang kurang memuaskan.

Apakah Anda adalah salah satu perokok? (ilj/bbs)