Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Aneh Tapi Nyata, Nelayan Tiongkok Tangkap Ikan Berkepala Burung Merpati
Ikan berkepala burung merpati.(businessinsider)

Aneh Tapi Nyata, Nelayan Tiongkok Tangkap Ikan Berkepala Burung Merpati

Kabar6-Beberapa nelayan di Tiongkok berhasil menangkap seekor ikan berkepala burung merpati, dari sungai yang terletak di Provinsi Guizhou, Tiongkok Selatan.

Ikan tersebut, melansir businessinsider, diidentifikasikan sebagai ikan mas air tawar (Cyprinus carpio). Namun ada juga ahli perikanan yang berpendapat bahwa ikan tersebut adalah jenis gurame yang cacat. Kehebohan ini juga mengundang Andrew Cossins, ahli fisiologi hewan dari Universitas Liverpool, Inggris, ikut mengemukakan pendapat. Menurutnya, mulut ikan menyerupai paruh burung merpati bisa jadi karena pertumbuhan sel yang rusak di awal perkembangan kehidupannya.

Disebutkan, ada pembengkakan di kepala yang disebabkan oleh bentuk sistem rangka daerah kepala membuat mulut ikan maju. Sangat mungkin ikan berkepala burung ini mengalami mutasi genetik atau korban pencemaran lingkungan dalam bentuk kontaminan kimia yang mengganggu pertumbuhan sel ikan. ** Baca juga: Kejar Pesawat di Bandara, Pria Ini Ditangkap Polisi

“Bisa jadi ada bahan kimia berbahaya masuk ke tubuh ikan saat masih di tahap larva, sehingga bahan kimia tersebut mengganggu pertumbuhan normal embrio dan menyebabkan kerusakan pada bagian kepala saja tapi tidak sampai merusak anggota tubuh lainnya,” urai Andrew Cossins.(ilj/bbs)

Check Also

4 Wanita Ini Gunakan Darah Haid untuk Hal Tak Lazim

Kabar6-Menstruasi atau haid adalah siklus normal bulanan di mana wanita mengalami perdarahan dari Miss V. ...